To Be a Good Chef

#1 Steak Tahu Tempe

Guys, salah satu resolusi saya di 2010 adalah bisa memasak. Kalo perlu, jago! Kenapa? Kata mama, sih ‘tar biar bisa nyenengin suami kalo udah berkeluarga. Alasan yang make sense, kan? Dan, saya setuju dengan beliau. Satu alasan lagi, siapa tau kalau saya ahli memasak, saya bisa buka usaha resto? Di samping usaha persewaan buku saya, LadangBuku. Hehehe… Tetep lah ya, otak bisnis harus jalan.

Oke, langsung aja deh, di percobaan pertama di tahun 2010 ini… saya mencoba untuk membuat masakan yang murah, mudah, bergizi. Akhirnya, setelah tanya-tanya om Google, saya nyasar ke blog ini. Bleh, ternyata! Banyak banget resep masakan di situ.. Gak hanya masakan Indonesia, tapi juga masakan Eropa, Cina, juga Jepang. Ngiler-ngiler deh ngeliatnya. Hehe, but as a first time user *halah*, saya cukup tahu diri dan mencari resep masakan yang mudah dieksekusi. Dan… jeng jeng jeng…. pilihan saya jatuh ke Steak Tahu Tempe Saus Lada Hitam

Behind the Scenes

Cerita bentar ya, sebelum masuk ke intinya.. Jadi begini, sebelum saya mulai memasak, rutinitas yang biasa dilakukan adalah bercerita kepada mama (baca: ngasih laporan) apa yang hendak saya masak, bahan-bahannya, dan cara membuatnya. Dan, biasanya, mama akan terlebih dahulu mencoba membuat masakan sesuai yang saya ceritakan. Setelah yakin semuanya oke-oke saja, baru beliau memberikan arahan ke saya sambil memberikan masukan yang biasanya gak ada di resep yang saya ceritakan.

Hikmahnya, resep jadi lebih terjamin, karena sudah diuji coba lebih dulu. Selain itu, lebih banyak variasi yang akan muncul, dan hubungan ibu-anak pun bisa semakin dekat. Ini salah satu tips buat kamu, anak perempuan, yang ingin bisa dekat dengan ibunya. Coba masak bareng-bareng, deh. It’s fun๐Ÿ™‚

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Oke, sekarang ke bagian intinya. Maaf, ya, kalo bagian atas itu agak-agak lebay gimana gitu… Maklumlah, namanya juga pertama, ya gak? XP

Masakan yang saya buat ini sepertinya gak tepat diberi judul “Steak Tahu Tempe Saus Lada Hitam” karena.. pada prakteknya, saya gak membuat saus lada hitamnya. Saus lada hitam tersebut saya ganti dengan saus kental kecap hitam๐Ÿ˜› Tapi, jangan mikir saya bener-bener make kecap hitam itu tanpa mengolahnya ya. Tetep loh diolah… Nah, ini dia semua bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan Steak

#1 tahu ukuran kecil

#2 potong tempe

#ayam giling (sesukanya)

#1 butir bawang putih dihaluskan

#3 butir telur

#3 butir cabe rawit

#1/2 bungkus Masako rasa ayam/sapi

#garam secukupnya

#gula secukupnya

Bahan Saus

#Kecap Bango hitam (atau apa saja)

#Kecap Saus Tiram

#1/2 butir bawang bombay

#1 butir bawang putih

#1 sendok makan tepung hunkwe

Itu dia bahan-bahannya… Nah sekarang…

Cara Mengolahnya

Steak

#Hancurkan tahu dan tempe hingga lembut sekali. Gampang kok, tinggal diulek-ulek aja sampai hancur. Begitu pula dengan ayam, kalau gak ada ayam giling, daging ayam tersebut bisa dihaluskan sendiri dengan menguleknya juga *walau butuh tenaga ekstra*.

#Hancurkan juga bawang putih hingga halus serta cabe rawit. Kemudian, masukkan telur dan jadikan satu dengan bahan-bahan yang telah dihaluskan. Kocok hingga semua bahan rata dan menyatu. Jangan lupa, tambahin garam, gula, serta Masako-nya ya๐Ÿ˜‰

#Kalau sudah, tinggal digoreng deh! Dibentuknya pipih ya, supaya menyerupai steak ๐Ÿ™‚

Saus Kental Kecap Hitam

#Tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dirajang halus

#Tambahkan air secukupnya, lalu masukkan kecap bango dan kecap saus tiram secukupnya

#Biarkan airnya sat sedikit lalu tambahkan air lagi juga tepung hunkwe dan aduk hingga merata

* * *

Sudah deh, begitu saja resep dan cara membuatnya. Insya Allah gampang kok buat newbie. Oya, kata mama saya dan ini sepertinya akan jadi salah satu motto saya juga bahwa “Memasak itu Gampang“. Ini dia penampakan hasil masakan saya:

Steak Tahu Tempe Saus Kental Kecap Hitam
Steak Tahu Tempe Saus Kental Kecap Hitam

Walaupun penampakannya kurang meyakinkan, tapi enak kok… Percaya deh๐Ÿ˜›

Sekian postingan edisi “To Be a Good Chef” kali ini. Semoga bisa bermanfaat. Paling gak, bermanfaat buat saya. Hahaha๐Ÿ˜„

7 thoughts on “#1 Steak Tahu Tempe

  1. Asik-asik nambah perbendaharaan masakan =) eh tapi aku blum pernah nyoba loh kalo bahannya itu tahu tempe ayam terus diulek-ulek, hihi. Harus dicobaa b^^d

      1. eh menurut mbak, pas buat adonan steaknya ada bagusnya ga sih kalo dikasih tepung lagi, biar nempel gitu tempe tahu ayamnya? atau malah nanti ayamnya ga mateng? ohiya, kalo pake ayam cincang lebih enak kali ya, gausah ngulek to the maxx. hoho.

        sering-sering ya mbak, aku lagi mau nyoba masakan-masakan lain nih =)

      2. gak usah ditambah zah.. kan kita pake telor juga, insya Allah tar pas dikocok adonannya bisa nempel semua kok..๐Ÿ˜€ iya, kalo pake ayam cincang lebih enak lagi tuh zah, gak perlu ngulek to the maxx hahaha

        sip, insya Allah bakalan sering-sering kok hehe๐Ÿ˜€
        kamu juga share resep masakan ya๐Ÿ˜€

Leave a Reply

