To Be Tough

Kebahagiaan

Dear friends

Err, postingan ini bukan curhatan loh ya. Saya menuliskan topik ini karena sedang berikhtiar untuk mengikuti suatu seminar.

Dan, inilah hasil kontemplasi singkat saya mengenai makna bahagia. Tulisannya pendek saja, sih.

* * *

Ketika sedih, berjalan-jalan adalah hal yang selalu saya lakukan untuk mengatasinya. Berjalan-jalan bersama teman karib dan bertukar pendapat atau sekedar berjalan-jalan sendirian sambil memperhatikan lingkungan sekitar. Sering, saya takjub dengan apa yang saya lihat di sekitar. Melihat seorang bapak pemulung yang tampak bercanda tawa bahagia bersama anak-anaknya. Melihat pedagang-pedagang kaki lima yang tetap memamerkan tawa merekahnya walaupun terik dan lelah memerah keringat mereka. Saya kaget, bagaimana mungkin mereka – orang-orang yang tidak seberuntung saya – dapat bahagia dan tertawa lepas seperti itu, menjalani hidup seperti tanpa beban?

Yang saya kemudian sadari bahwa, kebahagiaan itu tidak ditentukan oleh kesejahteraan, kesuksesan, keberhasilan semata. Saya lebih suka mendefinisikan kebahagiaan sebagai sebuah pilihan dalam merespon segala sesuatu yang terjadi dalam hidup. Mendefinisikan kebahagiaan sebagai efek dari sugesti-sugesti positif yang coba kita tanamkan dan resapi dalam menyikapi segala sesuatu yang pada akhirnya menghasilkan rasa bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Bapak pemulung atau pedagang kaki lima tersebut adalah contoh bagaimana positif, optimis, dan bahagia menjadi pilihan hidup ketika sebenarnya menjadi tidak bahagia dan selalu berkeluh kesah pun bisa menjadi pilihan sikap.

Saya sendiri sudah cukup bersyukur dan bahagia dengan apa yang saya miliki saat ini. Berusaha untuk selalu mengedepankan keoptimisan dan kepositifan dalam menghadapi sesuatu. Berusaha untuk mensyukuri apa yang dipunyai dengan memaksimalkan segala potensi dan berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi.

* * *

Nah, kalau menurut kamu sendiri, bagaimana?πŸ˜€

4 thoughts on “Kebahagiaan

  1. kebahagiaan sebagai sebuah pilihan dalam merespon segala sesuatu yang terjadi dalam hidup.

    Setuju dengan Leni… Kebahagiaan adalah sebuah pilihan dan kita bisa memilih untuk menjadi bahagia, dengan mensyukuri apa yang kita dapatkan.

    If you want to be happy, be happy NOW…πŸ˜€

  2. Sepakat lenni, kebahagiaan itu adalah pilihan. Kita yang menentukan mau melihat dari sudut yang positif (bersyukur) atau malah selalu memakai kacamata negatif yang membuat hicup kita bertambah sempit.

    Simpel namun mencerahkan, Thanks LenπŸ™‚

  3. kebahagiaan hak semua orang dan setiap orang punya hak untuk bahagia. Semua tergantung kita menyikapi segala sesuatu. Kebahagiaan milik semua orang. Be happy now

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s