To Be a Good Learner

Belajar Photoshop: Teknik Masking Dasar

Salah satu postingan dalam rangka mengikat ilmu lagi nih, guys.. >.<

Jadi, ceritanya, beberapa minggu ini, saya lagi belajar desain grafis dengan menggunakan Photoshop, Corel Draw, dan Freehand. Nah, daripada ilmunya cuman berhenti di saya doang, saya coba share yang pernah saya dapet, ya, walau masih cupuw, hehe. Lagian, katanya, kalau sudah belajar, dengan mengajarkannya kembali, insya Allah ilmunya akan lebih meresap dan insya Allah berkah, kan? Ya udah deh, tanpa panjang lebar, ini adalah postingan pertama tentang apa saja yang bisa dilakukan dengan Photoshop😉

* * *

Masking

Dari yang sudah saya pelajari, dengan teknik masking, kita dapat melakukan berbagai macam hal, seperti menggabungkan dua foto yang berbeda dan membuat kedua foto tersebut seolah-olah “bergabung dengan sempurna” di dalam sebuah bingkai.

Contohnya: Kita mempunyai Foto A dan Foto B seperti gambar di bawah, lalu menggabungkannya dengan teknik masking dan membuatnya seperti Foto C.

Foto A

Foto B

Foto C

Teknik Masking Dasar

Untuk menghasilkan Foto C, kita cukup menggunakan teknik masking dasar.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka Foto A dan Foto B di atas dengan Photoshop (ya iyalah :P). Kalau mau download Foto A dan Foto B tersebut tinggal klik kanan lalu Save Image As

2. Pastikan Anda sudah mengaktifkan Move Tool (dengan menekan huruf V) untuk memindahkan Foto A ke Foto B. Jika Move Tool sudah aktif, Anda tinggal menarik Foto A agar berada di atas Foto B.

3. Klik tombol masking (Add Vector Mask) yang berada di bawah Windows Layers. Setelah itu, pastikan di toolbar sebelah kiri bahwa foreground color telah diset berwarna HITAM dan background color telah diset berwarna PUTIH. Jika belum, maka tinggal tekan X untuk menset-nya.

4. Lalu, klik tombol brush dari toolbar dan sapukan di atas bagian gambar yang hendak dimasking hingga menghasilkan gambar yang diinginkan.

5. Dan, fotonya pun menjadi seperti di bawah ini… So sweet kan?😛

Kali ini sekian aja, sampai jumpa di next tutorial.. hehe, insya Allah bakalan bahas soal teknik masking hitam putih, teknik masking blur (gaussian, motion), juga teknik masking seleksi warna ^^

Semoga bermanfaat deh yaaa, happy learning!🙂

9 thoughts on “Belajar Photoshop: Teknik Masking Dasar

  1. thanks infonya broo,mau share info juga nich…

    sumber dollar gratis terbaru namanya Readbud.Di Redbud ini tugas kita hanya membuka article boleh di baca atau hanya di baca sekilas saja dan setelah itu memberi rating bintang 1-5.Kita di bayar bervariasi tergantung jenis article yang di buka besarnya rata2 $0.05-$1 .Jika tertarik dengan program baca article dapat dollar ini anda bisa mencoba bargabung ,karena di sini sangat mudah mengumpulkan komisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s