To Be a Good Learner

Belajar Photoshop: Teknik Masking dengan Gaussian Blur

Yay, akhirnya, 3rd tutorial! Masih membahas soal teknik masking, tapi kali ini ditambah dengan teknik gaussian blur. Untuk teknik ini, kita akan memakai contoh foto dua orang pelari yang sedang berlomba dan dengan gaussian blur membuat pelari yang paling depan menjadi fokus dari foto tersebut.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka foto pelari di bawah ini di Photoshop. Seperti biasa, kalau ingin mendownloadnya, tinggal klik kanan lalu Save Image As🙂

2. Bikin layer baru dengan mengklik Ctrl + J (layer via copy). Jika berhasil, maka akan muncul Layer 1 sebagai layer baru.

3. Lalu, buat keseluruhan foto menjadi blur dengan mengklik Filter –> Blur –> Gaussian Blur. Untuk besar radius-nya bisa diatur sesuai keinginan, namun dalam tutorial ini, saya mencoba radiusnya sebesar 5 pixels.

4. Langkah selanjutnya adalah menambahkan layer mask pada foto yang telah diblur. Caranya tinggal mengklik tombol Add Layer Mask pada Window Layers di pojok kanan bawah layar.

5. Langkah terakhir, sapukan brush Anda di atas foto pelari yang paling depan, supaya hanya foto dia yang terlihat paling cerah dan tajam di antara objek lainnya yang sudah diblur🙂 Oya, jika ingin lebih teliti dalam menyapukan brush, Anda bisa zoom foto tersebut dengan mengklik Ctrl + Alt + scroll mouse ke arah depan

6. Jika sudah selesai, berikut ini adalah hasil akhirnya🙂

Kalau dilihat-lihat lagi, hasilnya masih kurang rapi, ya.. Hm, tapi gapapa deh, itung-itung latihan.. Semoga aja makin lama makin jago😛

Oke, segini aja tutorial ketiga-nya. See u in the next tutorial hehe🙂

7 thoughts on “Belajar Photoshop: Teknik Masking dengan Gaussian Blur

  1. klo mau yg lebih rapih lagi, pakenya selection.. jadi bener2 bagus ngikutin pinggirnya..

    selectionnya itu bisa pake lasso (tapi sulit dan kemungkinan gagal sangat amat besar sekali). yg lebih mendingan, lebih sedikit kemungkinan gagalnya itu pake magnetic lasso..

    nah, tapi teknik selection yg paling sempurna dan aman dari kemungkinan gagal itu pake “pen tool”, kita bikin path yg ngelilingin objeknya.. dijamin rapih!😀

  2. mantabs…saling berbagi ilmu…..indahnya dunia ku …thanx ya mba leni…sangat berguna. semoga allah membalas kebaikan mba….saya doain..amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s