To Be a Good Learner

Belajar Photoshop: Teknik Masking dengan Motion Blur

Yippy, tutorial keempat nih😀

Dan, masih membahas soal masking. Kawan, jangan bosan yak. Soalnya kata guru saya teh, masking itu salah satu teknik paling pentingnya Photoshop loh.

Langsung aja deh, di tutorial kali ini, saya mau membuat foto seorang pelari wanita cilik yang sedang berlari menjadi lebih fantastis lagi. “Like a bionic woman!”, yaa, i hope all of you will shout that after the remaking huehehe😀

These are the steps:

1. Foto yang akan dipakai adalah foto seorang pelari cilik bernama Meg. Untuk download foto, klik kanan, lalu klik Save Image As

Sumber: LINK

2. Buat layer baru via copy melalui shortcut Ctrl + J. Jika berhasil maka akan muncul layer baru di atas background.

3. Pada layer baru tersebut, klik Filter –> Blur –> Motion Blur. Ya! Inilah saatnya kita menambahkan efek “gerak cepat” aka motion pada foto si pelari cilik. Untuk settingannya (sebagai contoh saja), silakan lihat pada gambar di bawah ini. Jika sudah, klik OK.

4. Sekarang, saatnya kita tambahkan masking pada gambar yang sudah dikenakan efek motion blur.

5. Sapukan gradien hitam putih di atas foto dari arah kanan ke kiri (dari hitam ke putih).

Mengapa? Karena dalam masking, area hitam menandakan bahwa daerah tersebut yang akan ditutupi (dimask) sedangkan daerah putih adalah daerah yang tidak ditutupi.

Dalam gambar ini, si gadis cilik berlari dari kiri ke kanan. Jika ingin memberi efek kekuatan lari yang luar biasa, tentu saja, kita memberikan efek tersebut di bagian belakang si gadis cilik (sebelah kiri). Sedangkan bagian depan (sebelah kanan) hendak dibuat lebih terang/tajam. Oleh karena foto tersebut sudah dikenakan motion blur terlebih dulu, maka bagian yang perlu dibuang motion blurnya (ditutup) adalah bagian depan gadis cilik (kanan), sehingga gradien pun disapukan dari arah kanan ke kiri untuk membuang efek motionnya🙂

Maaf, panjang penjelasannya. Kalo bingung, diskip ajah hehehe😛

Ini ilustrasinya:

6. Yak, ini dia hasil akhirnya setelah semua proses selesai!

Welcome Meg, our bionic woman eh bionic girl eh.. woman *blah, gak penting hohoho*😛

3 thoughts on “Belajar Photoshop: Teknik Masking dengan Motion Blur

  1. Hmmm untuk yang satu ini agak kurang sreg deh hasilnya Len. Kurang gimanaaa gitu *dipentung Leni*

    Thanks tutorialnya ya (worship)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s