Cuap Cuap

Belajar Kreatif dari Belanda



Kalau kamu biasa mengenal Belanda hanya dari teknologi pengelolaan airnya, inovasi-inovasi teknologi seperti yang disebutkan dalam artikel ini, atau dengan kawasan red district-nya yang sepertinya menarik *eh* maka kamu harus baca artikel ini, kawan!😛

Kenapa? Ya, karena Belanda juga punya keunggulan di bidang lainnya! Penasaran? Lanjut, mang hihi..

* * *

Pernah denger konsep Kota Kreatif? Warga Jakarta yang up-to-date sama berita dijamin pernah denger dua kata itu walau (mungkin) belum mengerti maksudnya. Karena, beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 13 Maret 2010, di Taman Museum Fatahillah, Kota Tua, diselenggarakan sebuah acara dalam rangka mendukung terealisasinya misi Pemerintah Kota Jakarta yang ingin menjadikan kawasan Kota Tua sebagai kawasan industri kreatif. Secara umum, kota kreatif sendiri merupakan konsep di mana suatu kota dianggap dalam masa kejayaannya ketika kota tersebut dapat melakukan inovasi pada bidang-bidang yang saling berkaitan, yakni budaya, seni, dan organisasi perkotaannya.

Kalau di Jakarta inisiatif menuju kota kreatif tersebut baru-baru ini diadakan, maka Belanda sudah memulainya terlebih dahulu. Bahkan menurut Richard Florida, seorang profesor di bidang studi perkotaan, Amsterdam, salah satu kota di Belanda, merupakan salah satu tempat yang terdepan di pusat kreatif dunia. Sedangkan, menurut Competitiveness Report 2009-2010 dari World Economic Forum, Belanda menempati peringkat ke-10 dalam Indeks Kreativitas Dunia (di bawah Kanada, Jepang, Jerman, Finlandia, Denmark, Swedia, Singapura, Amerika Serikat, dan Swiss sebagai peringkat teratas). Hmm, jadi penasaran kan, seberapa kreatif-nya sih orang-orang di Negeri van Oranje ini..

Kalau hasil tanya-tanya sama mbah dukun Google, industri kreatif di Belanda yang sangat berkembang itu antara lain di bidang desain, arsitektur, fashion, tari, pertelevisian, juga permainan komputer. Supaya makin kegambar maksudnya dan gak mengawang-awang, ini saya kutipin contoh-contoh hasil industri kreatif di Belanda yang cukup terkenal di dunia

1. Otomotif

Tau mobil Porsche Carrera seri 911 dan 924 yang legendaris? * saya juga baru tau sih, hehe *. Nah, katanya mobil-mobil tersebut didesain oleh seorang desainer kawakan dari Belanda, yang bernama Harm Lagaay. Sebelumnya, bapak Harm ini juga pernah membuat desain untuk BMW dan mobil-mobil Ford yang mewah itu.

Lihat hasil desainnya:

Porsche Carrera Seri 911. Credit: Automotriz.Net

Selain Harm Lagaay, Belanda juga punya Adrian van Hooydonk di bidang ini. Ia yang memimpin time desain dari BMW Group, untuk merancang mobil-mobil BMW seri 3, seri 6, seri 7, BMW Z4, BMW Z9, M1, dan BMW X6.

Lihat hasil desainnya:

BMW X6. Credit: Auto-Novosti.Ru

Dan masih banyak tokoh lainnya dari Belanda dengan karya-karya kreatif di bidang ini, seperti Laurens van den Acker (Global Design Director Mazda), Lowie Vermeesch (Design Director Pininfarina yang merancang brand seperti Ferrari, Peugeot, Jaguar, Volvo, dan Alfa Romeo).

2. Teknologi

Saya yakin pasti hampir semua dari kita pernah menggunakan Microsoft Office, Windows XP, MSN, Internet Explorer, atau Windows Vista. Nah, perancang interface dari program-program tersebut adalah desainer Belanda bernama Tjeerd Hoek. Tjeerd yang merupakan alumi universitas Delft, Belanda merancang interface dari program-program tersebut ketika ia masih menjabat sebagai Director of User Experience Microsoft. Saat ini, ia telah pindah ke Frog Design – design firm yang merancang produk-produk Apple seri Macintosh – sebagai Executive Creative Director. Karya terbarunya adalah interface Windows Media Player dan Yahoo Messenger versi 9. Mantap, kan?

Gambar Interface Yahoo Messenger Versi 9. Credit: ASKVG

3. Seni rupa

Setelah Perang Dunia I juga muncul gerakan baru di bidang seni yang dinamakan De Stijl. De Stijl atau dalam bahasa Inggrisnya The Style juga akrab disebut neoplaticism. Karya-karya De Stijl mengekspresikan sebuah utopia baru dalam harmonisasi dan ketertaturan spiritual. Hal tersebut digambarkan dengan penggunaan bentuk-bentuk dasar dan pengurangan warna-warna dalam setiap karya seninya. Komposisi visual yang digunakan hanyalah arah-arah vertikal dan horizontal. Selain itu juga ditandai dengan penggunaan warna-warna primer ditambah dengan hitam dan putih dalam karyanya.

Hingga saat ini, karya-karya dengan tema De-Stijl telah tersebar ke seantero dunia. Di Belanda sendiri, karya-karya De Stijl dapat dilihat di Gemeentemuseum, museum dengan koleksi De Stijl terbanyak di seluruh dunia.

The Rietveld Schröder House, Salah Satu Karya De Stijl yang Masuk UNESCO World Heritage Site. Credit: Wikipedia

4. Game

Selain di industri-industri yang telah disebutkan di atas, Belanda juga tidak kalah di industri yang mengasyikkan ini. Tau game Killzone2? Nah, game yang dikhususkan untuk konsol PlayStation3 ini disebut-sebut sebagai game yang terkenal di dunia. Dan ternyata, Guerilla Games, sang produsen berasal dari Amsterdam!

KillZone2. Credit: TheFuriousGamer

5. Fashion

Last but not least, ternyata industri fashion di Belanda juga sangat teramat kreatif dan toleran. Buktinya saja, mereka juga ikut berkecimpung membidik pasar muslimah. Ya, di Belanda ada sebuah majalah fashion yang khusus membahas tren-tren berpakaian bagi para wanita muslim, namanya MSLM (Medium, Small, Large, Medium) magazine. Mantap, ya. Kalau begini, saya gak pusing deh nanti kalau ternyata benar-benar bisa ke Belanda, ada panduan up-to-date soal busana muslimahnya, hihihi😀

MSLM Art Show di Belanda. Credit: MuslimahMediaWatch

Oke, mungkin segitu aja kali ya pembahasan soal industri-industri kreatif di Belanda. Ajib-ajib banget, kan? Sebenernya sih, masih banyak yang lain. Tapi, kalo postingan blog ini jadi kepanjangan kan gak enak juga hehe.

Nah, sebagai penutup, warga Indonesia juga jangan mau kalah saing, ya! Ayo, kita sama-sama dukung perkembangan industri kreatif tanah air. Untuk warga Jakarta juga, ayo sama-sama dukung Jakarta jadi kota kreatif. Makin kreatif bangsanya insya Allah perekonomian juga bisa makin mandiri! Go go go!😀

Referensi:

1. Mengapa Belajar Industrial Design di Belanda ?

2. De Stijl

3. Busana Muslimat Belanda

4. Amsterdam, Tempat Guerilla Games

5. Industri Kreatif di Belanda

15 thoughts on “Belajar Kreatif dari Belanda

    1. makasih banget ya mbak isti🙂
      belanda.. leni memang benar-benar ingin ke sana
      mohon doanya ^^
      mungkin kalau tidak berhasil lewat kompetiblog ini, leni bisa berhasil lewat jalur studi (baca: ambil master di belanda hihi)

  1. Porche nyam! ngeliat mengkilatnya tuh bodi mobil, bikin aye pengen bikin industri kreatif.. eh salah industri wirausaha aja deh supaya kesampean beli minimal tiga itu mobil hihihi…

    Eh saya suka info interface YM-nya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s