Cuap Cuap · To Be a Good Learner

MarkPlus Power Lunch: New Wave Women Edition

Senang sekali rasanya, sekaligus gak percaya, ketika Mas Rhein Mahatma dari MarkPlus (http://www.markplusinc.com/) mengundang saya untuk turut menghadiri Power Lunch tanggal 6 Juli kemarin. Tapi, ya, whatever the reasons, saya memandangnya sebagai sebuah kesempatan yang cukup baik untuk bisa dapet ilmu sekaligus networking.

Sekedar info, yang dimaksud dengan Power Lunch sendiri adalah makan siang bersama dengan Pak Hermawan Kertajaya dan beberapa tamu undangan lainnya sambil saling berbagi cerita tentang suatu tema. Tema dari Power Lunch kemarin adalah “Marketing to Women 3.0”. Karena itu, hampir 90% undangan yang datang di Power Lunch kemarin adalah wanita, terkecuali sahabat saya, Ilman Akbar (@ilmanakbar), mas Pandji Pragiwaksono (@pandji), dan beberapa gelintir laki-laki yang juga diundang.

Dalam diskusi, Pak Hermawan (@hermawank) sempat memberikan presentasinya mengenai The Anatomy of New Wave Culture yang mencakup: Youth, Women, dan Netizen. Beliau menyebutkan bahwa Women adalah salah satu subkultur penting yang harus diperhatikan brand untuk dapat meng-capture market share.

Pak Hermawan sempat sharing juga mengenai hasil penelitian terhadap anxieties (kecemasan) juga desires (harapan) dari para wanita Indonesia. Anxieties dari wanita Indonesia sendiri terbagi menjadi dua faktor, internal dan eksternal. Faktor-faktor internalnya meliputi health, family, finance, trustworthiness, dan beauty. Sedangkan untuk faktor eksternalnya kalau tidak salah meliputi career dan dua faktor lagi yang saya sedikit terlupa. Untuk desires, dirangkum dengan cukup cantik dalam kata WOMEN itu sendiri yakni Well-being, Optimism, have Multitasking efficiently, to be Entrepreneur & Networker. Tentu saja hal-hal inilah yang perlu diperhatikan oleh sebuah brand agar bisa meng-capture share market dalam subkultur wanita.

Setelah presentasi singkat dari Pak Hermawan, acara dilanjutkan dengan sharing session dari para wanita mengenai pandangan-pandangannya terhadap apa yang telah dipaparkan. Wanita-wanita hebat yang turut berbagi inspirasi kemarin antara lain adalah Mien R. Uno (ibu dari Sandiaga Uno juga seorang etiquette expert), Ivana Lie (juara dunia ganda campuran tahun 1985, staf ahli olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga), Prita Kemal Gani (founder London School of Public Relation), Ay Ling (UNICEF fundraising chief), Irma Hutabarat (seorang presenter dan aktivis), Amelia Masniari (aka Miss Jinjing), Selina Limman (founder dari http://urbanesia.com), dan Tika Bisono (seorang psikolog yang juga penyanyi pop tahun 1980-an). Selain itu, ada banyak wanita lainnya yang juga turut berbagi pendapat yang tidak dapat saya tuliskan satu per satu di sini. Mohon maaf ya ibu-ibu dan mbak-mbak yang cantik juga cerdas ^^

Ivana Lie – Juara Dunia Ganda Campuran tahun 1985

Ini adalah beberapa hal yang berhasil saya tangkap dari Power Lunch kemarin dan juga saya sharing di twitter dengan hashtag #newwavewomen :

“From products to customers to the human spirit = marketing 3.0 #newwavewomen

“Anxieties of Indonesian Women: health, family, finance, trustworthiness, beauty #newwavewomen

“U have to understand the anxieties and desires of women to get known them n catch the market.. #newwavewomen

“RT @ilmanakbar women’s desire: to keep her Well-being, Optimism. have Multitasking efficiently, to bebEntrepreneur & Networker #newwavewomen

“Laki2x dan perempuan tdk perlu bersaing tapi perlu mengembangkan kemitraan strategis #newwavewomen

“Mien R.Uno: sell urself before u sell ur ideas (personal branding) #newwavewomen

“Mien R. Uno: wanita harus berdayakan dirinya agar memiliki sifat2 yg positif #newwavewomen

“Ay Ling (UNICEF): perempuan itu bouncing back and beyond-nya lbh kuat.. Tangguh!🙂 #newwavewomen

“Tika Bisono: sy anti dikotomi antara laki2 dan perempuan. Pengkotak2xan itu tidak diperlukan #newwavewomen

“Tika Bisono: kuncinya adlh RESPECT. Wanita tdk berharga jk tdk bisa merespect laki2. Kt punya bbn tggung jwb sama.. #newwavewomen

Tika Bisono: kalau peran utama sbg perempuan di rmh tdk sukses maka keberhasilan Anda di luar tdk berarti apa2 #newwavewomen “ –> DAHSYAT banget yang ini! All the ladies out there hear what she said😀

“Tika Bisono: 3 keyword u sukses rendah hati, komitmen, dan kerja keras #newwavewomen

Kalau dari saya sendiri sih, sangat sependapat dengan Tika Bisono.. Wanita dan laki-laki adalah dua makhluk berbeda yang memikul tugas berbeda yang sama pentingnya. Rasa superior satu sama lain tidaklah menjadi penting. Karena sesungguhnya yang dibutuhkan justru adalah sebuah sinergitas, saling mendukung dalam mewujudkan perannya masing-masing. Dan, para wanita.. siapkanlah selalu dirimu agar memiliki kapasitas yang baik. Sesungguhnya, tanggung jawab akan datang seiring dengan besarnya kemampuan yang kamu miliki.

Well, salam sukses untuk semua wanita Indonesia🙂

6 thoughts on “MarkPlus Power Lunch: New Wave Women Edition

  1. PERTAMAX..!! gak ya.. hihi

    betul sekali, kalo kata pembicara di GPV camp itu, Laki2 diciptakan untuk wanita, begitu juga sebaliknya.. jadi harus saling melengkapi… *tsah..

    *udah ah, takut jadi curcol entar, haha*

  2. leni ngaku kalo udah tante2, ihihi :p

    paling suka sama quotesnya Tika Bisono yang: kuncinya adlh RESPECT. Wanita tdk berharga jk tdk bisa merespect laki2. Kt punya bbn tggung jwb sama..

    yang 3 keywords untuk sukses, kayanya leni udah punya 3-3nya nih.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s