Misi21 · To Be a Good Learner · To Be a Good Moslem · To Be Tough

#Misi21: 21 Hari untuk Menjadi Lebih Baik

My Page at Habit Forge

Sudah lama saya tertarik dengan #Misi21 semacam tantangan yang diinisiasi oleh Career Coach @ReneCC . Buat yang belum tau soal #Misi21 bisa lihat-lihat twitternya di @Misi21 atau mudah saja tinggal mengklik hashtag #Misi21 di twitter. Buat yang gak punya twitter, dalam hemat saya #Misi21 itu adalah sebuah tantangan terhadap diri sendiri untuk menjadi pribadi lebih baik dengan membuat suatu perbuatan menjadi kebiasaan. Untuk pada akhirnya kebiasaan menjadi karakter. Caranya? Dengan melakukan sesuatu hal yang positif dalam kurun waktu 21 hari secara terus menerus tanpa putus.

“It takes 21 days to form a habit”, kalau kata situs Habit Forge. Dan saya rasa hal tersebut ada benarnya. Dan untuk sesuatu yang baik, gak ada salahnya kan dicoba? Mungkin dari hal-hal kecil saja. Bayangin deh kalau kamu berhasil menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik seperti sedekah minimal Rp 10.000 setiap minggu. Yang terbantu, pastinya gak hanya kamu, tapi juga orang-orang yang mendapatkan sedekah darimu. Untuk kamu, percayalah bahwa sedekah akan membuatmu lebih kaya, seperti yang telah dijanjikan Allah. Untuk yang menerima sedekah, tentu saja ia akan merasa cukup terbantu dari sedekah tersebut🙂

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah: 261)

* * *

Nah, sekarang saatnya saya membuat daftar mengenai #Misi21 saya. Kalau ada teman-teman yang mau mencoba bisa juga loh. Dan saya juga akan memanfaatkan situs Habit Forge untuk mengingatkan saya akan #Misi21 yang telah saya buat. Btw, kalau ada satu hari saja #Misi21 kamu gak dilaksanakan berarti kita harus mengulanginya lagi dari awal. Wow, tantangan banget, kan? Nah, let’s see what I’ll put on the list:

1. Salat Dhuha setiap hari (kecuali lagi halangan ya)

Kenapa? Coba baca doa salat Dhuha ini:

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, keagungan itu adalah keagungan-Mu, keindahan itu adalah keindahan-Mu, kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, kekuasaan itu adalah kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih diatas langit maka turunkanlah, dan jika di dalam bumi maka keluarkanlah, jika masih sukar maka mudahkanlah, jika rezekiku haram maka sucikanlah. Jika masih jauh maka dekatkanlah. Dengan kebenaran waktu dhuha-Mu dan keagungan-Mu, dengan kebenaran keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, dan perlindungan-Mu limpahkanlah kepada kami segenap apa yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh”.

To be honest, saya ingin termasuk dalam bagian orang-orang yang dimudahkan rezekinya dengan melakukan amalan ini. Berharap kepada Allah tidak salah kan? Karena memang Ia yang Maha Penolong.

2. Sedekah setiap hari

3. Menulis sedikitnya 1 halaman atau 1 postingan di blog. Tentang apa saja!

Karena, ya karena tiba-tiba saya jadi terpacu oleh calon suami saya yang suka menulis. Lagipula rajin menulis itu baik loh. Kalau menurut pendapat saya pribadi, menulis itu melatih diri kita untuk mengungkapkan sesuatu secara lebih terstruktur. Selain itu, bagi orang introvert seperti saya, menulis tentu saja jadi media untuk mengeluarkan isi hati yang biasanya sulit untuk diungkapkan! Semacam curhat gitulah ahahaha..

Ya siapa tau juga, dengan rajin menulis saya bisa seperti Muhammad Assad yang tulisan-tulisannya dibukukan di Notes from Qatar. Paling penting sih, kita bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman aka sharing😉

* * *

Mungkin itu dulu saja 3 #Misi21 saya. Saya rasa nanti pasti akan bertambah lagi. Apalagi kalau saya sudah menikah😀

Oke, sekarang apa #Misi21 teman-teman? Yuk berlomba-lomba jadi pribadi yang lebih baik setiap harinya!🙂

12 thoughts on “#Misi21: 21 Hari untuk Menjadi Lebih Baik

  1. Waaah saya terinspirasi juga untuk menyumbangkan sebagian penghasilan yang saya dapatkan ke orang yang membutuhkan ya..
    Thanks for the idea. Hari ini saya juga sudah menjalankan misi21 tapi baru sampe hari kedelapan semoga bisa lanjut teruus sampe 21..

  2. habit forge ide yang bagus tuh. saya pengen coba. tetapi saya sekarang saya lagi nyoba stickk.com, kalau yang itu situs di mana kita berkomitmen melakukan sesuatu dan kita harus melakukannya. Dan kita bisa ngundang teman kita untuk ngawasi dan jadi referee. Bahkan kalau mau lebih jauh, ada taruhannya segala. Saya sih nggak pakai acara taruhan, tapi lumayan buat memaksa diri buat melakukan komitmen. Saya memakainya untuk memaksa diri menyelesaikan novel.😀

Leave a Reply

