Catatan Hati · Parenting

Rapor Pertama Hani di Tetum Bunaya

Tak terasa, sudah satu semester dilalui Hania di sekolahnya, KB (kelompok bermain) Tetum Bunaya. Seperti biasa, tentu ada evaluasi terhadap anak di setiap akhir semester. Pembagian rapor, gampangnya disebut demikian. Namun, di Tetum Bunaya, kata “pembagian rapor” tersebut diganti dengan “laporan perkembangan anak”. Sebenarnya, laporan perkembangan anak ini tidak hanya diberikan di akhir semester, di tengah-tengah (mid) semester pun, orang tua mendapatkan laporan perkembangan yang ditaruh dalam sebuah amplop kertas berukuran besar. Perasaan saya deg-degan itu sudah pasti. Anak saya gimana ya di sekolahnya? Syukurlah, hasilnya melegakan. Tidak ada huruf A, B, C di rapornya atau nilai 6, 7, 8, 9, 10. Haha, lalu penilaiannya berupa apa ya?

Laporan Perkembangan Mid Semester Hani
Laporan Perkembangan Mid Semester Hani
Laporan Perkembangan Akhir Semester
Laporan Perkembangan Akhir Semester

Untuk laporan perkembangan mid semester, berupa “wording”, cerita mengenai perkembangan anak dilihat dari 6 aspek, sosial emosi, bahasa, motorik kasar, motorik halus, kognitif, dan sensori. Sedangkan untuk laporan perkembangan di akhir semester, berupa huruf D, BT, MB, B terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan dari awal hingga akhir semester (yang dibagi ke dalam 9 kategori, yakni Sosial Emosi, Olah Tubuh, Latihan Aktivitas Sehari-hari, Bahasa, Biologi, Kesenian, Sensori, Matematika, dan Memasak). Nantinya, dari 9 kategori tersebut dirinci lagi menjadi beberapa sub kategori dan beberapa poin kegiatan. Lantas apa arti huruf D, BT, MB, dan B? D artinya diperkenalkan (apakah kegiatan tertentu sudah diperkenalkan di kelas atau belum), BT artinya Belum Terlihat (kegiatan sudah diperkenalkan oleh kakak guru, namun belum terlihat adanya minat atau kemampuan dari anak terhadap kegiatan tersebut), MB artinya Mulai Berkembang, dan B artinya Berkembang (menunjukkan adanya performa yang menetap). Menurut saya, nilai dengan huruf seperti BT, MB, dan B ini cukup menyejukkan, dibandingkan dengan A, B, atau C. Anak dilihat dari upayanya untuk berusaha dan berkembang dalam melakukan sesuatu bukan berdasarkan hasil akhir (yang kadang lebih berupa judgement terhadap kemampuan anak). Selain nilai huruf D, BT, MB, dan B, di akhir laporan ada juga catatan tambahan dari guru terhadap anak tersebut.

Di sini saya melihat, Tetum Bunaya benar-benar memperhatikan perkembangan setiap anak dengan detail. Satu hal lagi yang juga unik, waktu pembagian laporan perkembangan untuk setiap anak itu berbeda. Orang tua akan mendapatkan undangan dan jadwalnya masing-masing. Dan setiap orang tua kebagian waktu sekitar 30 menit untuk berbicara mengenai perkembangan anaknya secara pribadi dengan kakak guru. Tapi, nyatanya, saya dan suami akhirnya menghabiskan waktu sekitar 40 menit untuk berbincang-bincang haha. Kami berdua memang sangat bersemangat menanyakan ini itu dan bertukar cerita dengan kakak guru.

Alhamdulillah, secara garis besar, perkembangan Hani baik. Ia berkembang menjadi anak yang mandiri dan percaya diri. Ia baik dalam berkomunikasi dan kegiatan lainnya. Walau ada beberapa aspek yang butuh lebih dikembangkan.

Seselesainya mengambil rapor Hani, saya mendapatkan pertanyaan yang sebenarnya cukup wajar sih ditanyakan, “Gimana, Len, rapor Hani? Nilainya ada yang merah gak? Ranking/juara berapa?”. Saya hanya tersenyum simpul dan menjawab, “Alhamdulillah baik”😀 Saya sangat bersyukur memilih Tetum Bunaya sebagai sekolah tempat Hani belajar mengembangkan dirinya. Sekolah yang percaya kepada setiap muridnya bahwa selalu ada kesempatan untuk berkembang di setiap bidang, juga sekolah yang sangat memperhatikan dengan detail setiap aspek perkembangan dari muridnya.

8 thoughts on “Rapor Pertama Hani di Tetum Bunaya

  1. Sip, kalau masih kelompok bermain setuju lah kalau raport nya berisi laporan perkembangan anak yang tentu sifatnya individual. Tiap anak bisa saja memiliki perkembangan yang berbeda.

  2. Makasih Len, udah berbagi. Nanti kalau Diana mau sekolah, kayaknya juga harus dipertimbangkan bagaimana cara sekolah ‘memberikan nilai’ kepada siswa didiknya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s