Catatan Hati · Cuap Cuap

3 Penyanyi Muslim Favorit

Mendengarkan musik adalah salah satu kesukaan saya. Tapi gak sampai jadi hobi sih. Hanya saja, belakangan ini, ada beberapa lagu yang sering saya putar di HP atau ketika sedang di mobil. Bukan lagu yang lagi ngehits di radio-radio, tapi lagu-lagu pop religi dari penyanyi muslim luar negeri. Yang jadi favorit saya, antara lain, lagu “Number One for Me” dari Maher Zain, “So Real” dari Raef feat Maher Zain, dan “Salam Alaikum” dari Harris J.

Nah, kalau saya lagi suka sama suatu lagu, biasanya bakalan muterin tuh lagu terus menerus. Berkali-kali, gak cukup dua kali, sampai orang lain yang ikut dengerin juga jadi bosen. Hahaha, biasanya yang jadi korban itu pak suwamik. Maap yeee. Dan, kalau lagi suka sama sesuatu juga biasanya jadi kepo banget. Akhirnya, saya cari-cari tau tentang lagu-lagu lain dari Maher Zain, Raef, dan Harris J (dan minta diunduhin lagunya sama pak suwamik, tolong jangan ditiru haha). Plus cari tahu juga tentang mereka bertiga. Penting yeeee.

Nah, inilah hasil kepo-kepo saya. Yang menjadi kesamaan mereka bertiga adalah sama-sama penyanyi pop religi di bawah naungan Awakening Records. Awakening Records adalah produsen musik pop religi dari London yang didirikan sejak tahun 2003. Musik yang diproduksi oleh Awakening Records memiliki ciri khas tersendiri. Jika melihat video-video klip dari ketiga artis yang saya sebutkan sebelumnya, maka kita dapat melihat ke-modern-an (gak tahu ya nyebutnya gimana), di mana pesan-pesan religi dikemas dengan sangat baik dan kekinian. Gak terlihat seperti menonton video klip nasyid, melainkan video klip penyanyi barat biasa. Penampilan sang penyanyi juga gak kalah keren dengan penyanyi-penyanyi barat lain. Bahkan terhadap Harris J, artis muda yang baru muncul di 2015, saya dapat mengatakan bahwa ia tidak kalah keren dari Justin Bieber (aih kenapa mesti Justin haha). Namun,  lirik lagu yang mereka bawakan tetap mempromosikan pesan-pesan religi, seperti cinta Rasul, Islam itu damai, cinta pada orang tua, anak, dan lain sebagainya.

Maher Zain

Maher Zain dalam video klip "Number One for Me". Sumber: kapanlagi.com
Maher Zain dalam video klip “Number One for Me”. Sumber: kapanlagi.com

Pertama kali saya suka sama lagu-lagunya Maher Zain itu tahun 2015 lalu. Ketinggalan banget yak saya haha. Saya mendengarkan salah satu lagunya di mobil teman saya ketika sedang dalam perjalanan pulang dari Bandung ke Jakarta. Sepanjang jalaaaan lagu-lagu Maher Zain diperdengarkan. Thx Fithri dan Yudha! Haha. Oya, anak teman saya pun ikut bernyanyi kecil sambil mendengarkan lagu-lagu Maher Zain. Wow, anak kecil aja suka ya. Dan ketika itu, ada satu lagu yang sangat ear-catching dan liriknya berusaha saya hafalkan. Saya bertekad akan mencari tahu tentang lagu tersebut setibanya di rumah. Maklum, saya malu kalau harus bertanya judul lagunya apa. Masa baru setua ini tahu Maher Zain haha.

Lagu yang saya suka ternyata judulnya “Number One for Me” berkisah tentang seorang anak lelaki yang sudah dewasa dan berkeluarga. Ia hendak membalas kasih sayang ibu-nya dan berjanji akan menjadikan ibu-nya nomor satu. Selain lagu “Number One for Me”, beberapa lagu yang saya suka dari Maher Zain adalah “One Big Family” dan “My Little Girl”.

Maher Zain sendiri adalah seorang kelahiran Lebanon yang kemudian menjadi warga negara Swedia. Ia lahir 16 Juli 1981 dan ternyata merupakan seorang sarjana di bidang teknik penerbangan. Maher memasuki industri musik sejak tahun 2005 dan kemudian mengeluarkan album pertamanya berjudul “Thank You Allah” pada bulan November 2009 di bawah Awakening Records. Lalu pada April 2012, ia mengeluarkan album keduanya bertajuk “Forgive Me”. Maher Zain tidak hanya menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris, namun juga bahasa lainnya, termasuk Indonesia. Lagu-lagunya yang berbahasa Indonesia antara lain berjudul “Insya Allah” (dinyanyikan duet dengan Fadli PADI), “Ku MilikMu”, dan “Tuntunku KepadaMu”.

Raef

Lagu Raef yang pertama kali saya tahu adalah “So Real” yang dinyanyikan bersama dengan Maher Zain. Ini gara-gara suwamik saya juga mengunduh lagu-lagu selain yang dinyanyikan Maher Zain. Pertama kali dengar lagu ini, langsung suka karena musiknya sangat enak. Pas cari-cari di YouTube tambah suka lagi karena video klip-nya keren, gambarnya jernih, sangat kekinian lah video-nya hehe.

Raef pertama kali terkenal dengan cover-nya “It’s Jumuah” yang menceritakan keutamaan hari Jumat bagi muslim. Bagaimana muslim dapat mengisi hari Jumat dengan amalan-amalan seperti membaca surat Al-Kahfi, memperbanyak zikir, dan lain-lain. Dengar-dengar lagu tersebut merupakan cover dari Lagu “Friday” oleh Rebecca.

Raef sendiri lahir di Washington DC, Amerika Serikat pada tanggal 8 Agustus 1982 dan dibesarkan di Maryland. Di Amerika, Raef dikenal dengan penampilan akustiknya. Musiknya kental oleh pesan-pesan optimis dengan nuansa pop-rock. Pada Juni 2014, Raef mengeluarkan album perdananya berjudul The Path di bawah Awakening Records.

Harris J

Nah, ini dia penyanyi muda muslim yang gak kalah dari Justin Bieber. Kalo liat video klip-nya beuh gak nyangka lah kalo dia itu penyanyi pop religi muslim. Gayanya kece pisan. Harris J menjadi terkenal sejak talentanya ditemukan oleh Awakening Records melalui kompetisi menyanyi Awakening Talent Contest #AwakeningStar. Ia terkenal via single-nya “Salam Alaikum” yang mendapatkan tanggapan positif dari para Youtuber. Hanya dalam waktu 6 hari, videonya sudah mendapatkan sekitar 260.000-an penonton. Selain “Salam Alaikum”, lagu lain dari Harris J yang juga layak didengarkan adalah “Rasool Allah” dan “I Promise”.

Harris J lahir di Chelsea, Inggris pada tanggal 3 Maret 1997. Berarti sekarang umurnya 18 tahun. Masih muda banget ya! Juli 2015 lalu, Harris lulus dari The World Renowned BRIT School of Performing Arts di Londong. Lulusan BRIT School ini ternyata artis-artis terkenal loh seperti Adele dan Amy Winehouse. Dan di bulan Agustus 2015, Harris merilis album pertamanya di bawah label Awakening Records. Semoga karirmu terus cemerlang dan tetap istiqomah, ya!

Nah kalo kamu, penyanyi muslim favoritmu siapa? Kalau ada yang belum pernah dengar lagu-lagu mereka bertiga, gak ada salahnya loh dicari di Youtube dan didengarkan. Lagu-lagunya enak, liriknya positif dan semoga saja bisa membawa pesan-pesan yang baik ke seluruh dunia. Semoga juga makin banyak musisi muslim seperti mereka. Mengemasnya dengan modern dan keren sehingga tidak akan membosankan untuk didengarkan dan DILIHAT!

3 thoughts on “3 Penyanyi Muslim Favorit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s