Bisnis Online

#BelajarBisnis #BelajarDagang #5 Cara Mudah Mencari Supplier untuk Tokomu

Cara-Jitu-Mencari-Supplier-Toko-Online

Baru mulai berjualan dan membuka online shop? Salah satu hal yang paling pertama dipikirkan pastinya adalah menemukan supplier yang pas untuk online shop-mu. Gimana ya caranya mendapatkan supplier yang bagus, memberi harga relatif murah, dan terpercaya? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya:

  1. Mencarinya di Tokopedia dan Bukalapak

Kenapa Tokopedia dan Bukalapak? Karena Tokopedia dan Bukalapak adalah tempat berkumpulnya banyaaaak sekali penjual (nama lainnya marketplace). Bahkan kadang supplier besar pun ikut membuka lapaknya di sana. Plus, Tokopedia dan Bukalapak sama sekali tidak mengambil profit dari hasil transaksi penjualnya (no margin fee, no commission) sehingga harga jual di sana, menurut saya adalah HARGA JUJUR. Bahkan, gak jarang, para penjualnya rela BANTING HARGA, menjual dengan harga paling murah untuk mendapatkan deal penjualan di sana.

Bagaimana cara mencarinya? Buka web tokopedia.com dan bukalapak.com terlebih dulu.

Kalau di Tokopedia:

  • Ketikkan kata kunci produk yang dicari di mesin pencarian, misalnya: “Lipstik Purbasari Matte”

    Kolom Pencarian di Tokopedia
    Kolom Pencarian di Tokopedia
  • Setelah hasil pencarian keluar, urutkan hasil pencarian berdasarkan yang “Termurah”

    Hasil Pencarian di Tokopedia untuk kata kunci "Lipstik Purbasari Matte"
    Hasil Pencarian di Tokopedia untuk kata kunci “Lipstik Purbasari Matte”
  • Cek lokasi penjual. Bisa jadi, yang menjual produk termurah ternyata jauh dari tempat tinggalmu. Hal ini berpengaruh pada ongkos kirim, bisa jadi mahal kan? KECUALI, toko tersebut mencantumkan pilihan ekspedisi pengiriman yang murah, maka bisa dijadikan pertimbangan. Jika ternyata tidak ada pilihan ekspedisi yang murah, maka berarti kamu beranjak ke penjual berikutnya yang lokasinya tidak jauh dari lokasimu. Untuk mengecek ekspedisi pengiriman yang digunakan, klik produk tersebut dan carilah di bagian kanan bawah produk. Ada tulisan “Dukungan Pengiriman”.

    Dukungan Pengiriman dari penjual dapat dilihat di bagian bawah. Ternyata di sini penjual hanya menggunakan ekspedisi JNE
    Dukungan Pengiriman dari penjual dapat dilihat di bagian bawah. Ternyata di sini penjual hanya menggunakan ekspedisi JNE
  • Cek harga jual. Apakah penjual juga mengizinkan produknya dibeli dalam jumlah banyak atau grosir. Jika ya, cek harga grosirnya. Ada di bagian kanan atas foto produk.
  • Cek “Ringkasan Review 6 Bulan Terakhir” untuk melihat apakah penjual terpercaya dan fast response. Caranya? Klik halaman produk dan scroll ke bagian paling bawah dari produk, kamu akan menjumpai testimonial dari customer yang pernah berbelanja di sana.

    Review dari customer
    Review dari customer
  • Jika kamu ingin menjual dengan cara dropship dan tidak ingin menyetok. Caranya? Kirimkan pesan pribadi langsung kepada penjual tentang hal tersebut.

Tentang DROPSHIP bisa membaca: Dropship, Boleh Gak Ya?

Bagaimana dengan di Bukalapak? Secara garis besar mirip dengan di Tokopedia:

  • Ketikkan kata kunci produk yang dicari di mesin pencarian, misalnya: “Lipstik Purbasari Matte”
  • Setelah hasil pencarian keluar, urutkan hasil pencarian berdasarkan yang “Termurah”. Dan set lokasi penjual juga, misalkan Jabodetabekkar.

    Pencarian di Bukalapak
    Pencarian di Bukalapak
  • Cek harga jual. Apakah penjual juga mengizinkan produknya dibeli dalam jumlah banyak atau grosir. Jika ya, cek harga grosirnya. Untuk cek harga grosir, klik produknya dan cari info harga grosir di bawah harga jual eceran.
  • Cek reputasi penjual dengan melihat feedback yang didapatkan. Klik halaman produk dan scroll ke bagian bawah, lalu klik tab feedback. Kamu akan mendapati testimonial dari customer yang pernah berbelanja di sana.

    Feedback dari customer di Bukalapak
    Feedback dari customer di Bukalapak
  • Jika kamu ingin menjual dengan cara dropship dan tidak ingin menyetok, pastikan apakah penjual menerima dropship atau tidak. Caranya? Kirimkan pesan pribadi langsung kepada penjual tentang hal tersebut.
  1. Menelpon langsung ke produsen atau distributor barang
Di kemasan lipstik Bourjois tertera distributor dari lipstik tersebut. Jika kamu ingin menjual dalam jumlah besar, cobalah menghubungi langsung distributor resminya
Di kemasan lipstik Bourjois tertera distributor dari lipstik tersebut. Distributed by PT Asia Baharu Sunter. Jika kamu ingin menjual dalam jumlah besar, cobalah menghubungi langsung distributor resminya
Hasil pencarian saya di google terhadap PT Asia Baharu. Saya mendapatkan info nomor teleponnya di website Notifikasi Kosmetika Online System
Hasil pencarian saya di google terhadap PT Asia Baharu. Saya mendapatkan info nomor teleponnya di website Notifikasi Kosmetika Online System

Jika kamu ingin menjual dalam partai besar atau kamu juga memiliki toko fisik tidak hanya online, cara kedua ini cocok untuk diterapkan. Walaupun kadang gak semulus yang dibayangkan, karena bisa jadi kamu dioper sana sini dalam prosesnya. Caranya, pertama, kamu harus tahu siapa produsen atau distributor resmi dari produk tersebut. Lihat di kemasan produk. Biasanya tertulis produksi PT apa atau didistribusikan oleh PT apa. Setelah itu, googling! Masukkan nama PT yang kamu dapatkan di kolom pencarian google.com dan coba hubungi langsung ke sana. Makin ke sini, makin banyak perusahaan yang menampilkan nomor kontaknya di internet. Walaupun, ada juga yang belum. Ketika menghubungi mereka, katakan bahwa kamu memiliki usaha (nilai plus jika ada alamat toko yang bisa disurvei) dan tertarik memasarkan produk tersebut dalam jumlah banyak, misal ratusan, lalu minta jelaskan mekanisme pengambilan produk, apakah bisa langsung ambil dari produsen atau adakah distributor resmi yang sudah ditunjuk di lokasi tempat tinggalmu.

Ya, itu adalah dua cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan supplier bagi usahamu. Semoga berhasil ya!

2 thoughts on “#BelajarBisnis #BelajarDagang #5 Cara Mudah Mencari Supplier untuk Tokomu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s