To Be a Good Chef

Hidangan Favorit Lebaran: Manisan Kolang Kaling

Lebaran adalah momen yang sangat dinanti-nanti oleh setiap umat muslim setiap tahunnya. Selain karena merupakan momen di mana umat muslim kembali fitrah dan meraih kemenangan, juga karena momen di mana satu keluarga besar yang sudah terpencar ke mana-mana akan berkumpul bersama. Membawa beragam cerita pengalaman hidupnya sambil menyantap berbagai macam hidangan khas lebaran yang tentu saja sangat menggugah selera!

Selain sambal goreng daging, sop buntut juga opor ayam yang bikin opordosis saat lebaran, hidangan favorit saya yang lainnya adalah manisan kolang kaling. Sukaaa banget sama hidangan yang satu itu, walaupun bukan termasuk hidangan utama.

Pertama kali saya “kenal” yang namanya manisan kolang kaling atau manisan buah atep itu di keluarga suami. Manisan kolang kaling yang disajikan biasanya berwarna warni antara merah dan hijau. Kolang kaling dimasak dengan air gula dan sirup cocopandan atau melon. Plus ditambah pewarna makanan kalau mau lebih terang warnanya. Jika ingin lebih wangi bisa ditambah daun pandan dan daun jeruk.

Kalau mau resepnya bisa googling aja. Banyak bertebaran pastinya. Versinya pun beda-beda. Ada yang dimasak dulu dengan air kapur sirih atau air rendaman beras, ada juga yang cara memasaknya simple saja.

image
Manisan kolang kaling ala saya. Dimasak dengan sirup melon

Kalo saya lebih memilih yang simple, kira-kira begini langkahnya untuk membuat kolang kaling sekitar 250 gram:
1. Rebus kolang kaling dengan air sampai kolang kaling empuk. Ngetesnya bisa dengan menusukkan garpu ke kolang kaling. Kalo bisa ditusuk dengan mudah berarti sudah empuk
2. Tiriskan airnya
3. Rebus lagi kolang kaling dengan air. Beri gula pasir secukupnya sambil diaduk-aduk
4. Tuang sekitar 4 sendok makan (atau sesuai selera) sirup cocopandan jika ingin kolang kaling berwarna merah atau melon jika ingin membuat yang berwarna hijau
5. Jika ingin kolang kaling berwarna lebih terang, beri 4 tetes pewarna makanan. Bebas saja mau warna apa. Saya biasanya hijau atau merah.
6. Cemplungin daun pandan dan daun jeruk. Kalau mau tambah wangi bisa diberi vanili.
7. Rebus sampai sekitar 10 menit lagi. Cicipi dan koreksi rasanya sesuai selera. Kalau kurang manis bisa ditambah lagi sirupnya.
8. Jika sudah selesai, tuang dalam toples dan diamkan hingga dingin lalu masukkan ke kulkas. Jadi deh!
9. Kolang kaling lebih nikmat dimakan ketika dingin hmmm lezat hehe

Kalau kamu, hidangan favoritnya apa ketika lebaran?😀

6 thoughts on “Hidangan Favorit Lebaran: Manisan Kolang Kaling

  1. Jadi inget mama kalo liat kolang kaling ini. Dulu pas msh di medan mama pun slalu bikin manisan ini mbak.

    Ada lg yg jd fav ku tiap lebaran, ketupat sumatra dan tpe ketan hitam. Itu dimakan barengan, enak bgtttt. Apalagi kalo tapeny sukses, jdnya manis , dimakan ama ketupat sumatra yg gurih (agak2 mirip lemang rasanya) makin manteplah😀. Cuma ya ituu, sejak nikah dan tinggal di jkt ga prnh lg ngerasain -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s