Belajar dari Buku · Parenting

Rekomendasi Buku Anak: Serial Ibadah Perisai Qids

Saya tipe yang lebih suka membelikan buku untuk anak ketimbang mainan. Tapi gak lantas semua buku berlabel buku anak saya beli begitu saja. Sebelum beli biasanya saya akan cek isi dalamnya, seperti gimana konten edukasinya, dibawakan dengan ringan atau berat, kontennya valid gak, apakah tulisannya panjang atau tidak, jika panjang apakah bahasanya mudah dimengerti atau membingungkan, plus gambarnya menarik gak (penting buat anak balita terutama yang belum bisa baca, biar menarik hehe). Di postingan kali ini, saya mau memberi rekomendasi tentang buku anak muslim yang cukup memuaskan bagi saya dari faktor-faktor di atas. Bukan jualan ya bu ibu. Saya jualan snack bukan buku hehe :p Ini murni pendapat saya saja. Dan karena menurut saya bukunya buaaaguuus (8 dari 10 lah), maka saya share di sini. Siapa tau ada bu ibu yang lagi cari buku recommended untuk mengajarkan tentang Islam kepada anaknya.

image
Paket Serial Ibadah isi 9 buku

Dijual dalam satu paket isi 9 buku. Paket Serial Ibadah dari Perisai Quran Kids ini terdiri dari buku Juz Amma, Doa Doa Pilihan, Ayo Belajar Bersuci, Ayo Belajar Shalat, Dzikir Dzikir Setelah Shalat, Ayo Shalat Berjamaah, Ayo Belajar Haji, Ayo Berpuasa, dan Ayo Kita Zakat. Paket buku ini saya beli ketika Islamic Book Fair. Waktu itu harganya cukup miring daripada harga normalnya. Karena sebelumnya juga pernah punya buku dari Perisai Quran Kids dan cocok sama style bukunya langsunglah paket buku Serial Ibadah saya bawa ke kasir.

Alhamdulillah pilihan saya gak salah. Buku-buku tersebut sangat bermanfaat dalam mengajarkan Islam untuk anak saya. Ini beberapa poin keunggulannya:
1. Materi yang disampaikan dalam buku insya Allah valid. Di halaman buku bagian bawah kadang diselipkan landasan berupa Al-Qur’an dan hadits yang mendasari cerita dalam buku.
Misal tentang gerakan rukuk di mana punggung dan kepala lurus sejajar, diberikan keterangan bahwa hal tersebut berdasarkan QS. al-Hajj: 77 dan HR Muslim juga Ibnu Majah.

image
Contoh kutipan ayat dan hadits yg digunakan sebagai dasar cerita. Biasanya letaknya di bagian bawah buku

2. Bahasa yang digunakan padat dan jelas. Tidak terlalu panjang atau bertele-tele. Penggunaan bahasa yang padat dan jelas tentu mempermudah juga bagi pendamping anak seperti saya atau mungkin guru untuk menyampaikan pesan pelajaran di buku kepada anak-anak. Makanya di cover depan beberapa bukunya ada tulisan cocok untuk buku pendamping TK dan SD. Memang cocokšŸ˜€

3. Full colour dan memuat gambar-gambar yang cukup menarik walaupun untuk gambar manusia tidak nampak mukanya hehe.

4. Ada contoh-contoh kasus dalam kehidupan nyata untuk buku tentang puasa, zakat, haji. Tentang cara perhitungan zakat dalam contoh sederhana, tentang kisah bapak Maman dalam mempersiapkan diri untuk berhaji, tentang anak yang tidak berpuasa dan konsekuensinya dll

5. Materi yang disampaikan runut dan cukup lengkap. Misal dalam buku Ayo Belajar Bersuci, di awal buku anak diajak terlebih dulu untuk mengenal hal-hal yang membuat kita harus bersuci (mengenal jenis-jenis najis) baru setelahnya diberi penjelasan mengenai cara mensucikannya

image
Materi yang disampaikan bertahap. Contohnya dalam buku Ayo Belajar Bersuci.

Wah banyak ya kelebihannya. Kalo kekurangannya sih menurut saya buku-buku dari Perisai Qids susah ditemukan di toko buku baik offline maupun online. Kurang promosi… Padahal mah konten buku-bukunya menurut saya daging banget. Tapi bisa dikemas dalam buku yang simple dan menyenangkan. Di online ada sih yang jual, di Tokopedia juga ada. Tapi yang jual gak sebanyak buku-buku terbitan dar Mizan hehe. Terus gimana kalo mau beli bukunya? Tenang ternyata Perisai Qids ini ada webnya sendiri di mana kita bisa belanja buku-bukunya. Alamatnya di http://perisaiquran.com Silakan diintipšŸ˜€

Semoga rekomendasi buku ini bisa jadi pertimbangan juga bagi bu ibu yang lagi mencari buku anak muslim recommended. Insya Allah gak bakalan rugi menginvestasikan dana di buku-buku dengan konten yang bagus, terlebih untuk anak. Semoga kelak hasilnya bisa dituai di masa depan :):)

2 thoughts on “Rekomendasi Buku Anak: Serial Ibadah Perisai Qids

Leave a Reply

