Catatan Hati · Parenting

Review 3 Bulan Sofia

image
Kok mirip cowok ya? XP

Alhamdulillah, bolu coklat saya kini sudah 3 bulan hihi. Saya bilang “bolu coklat” karena si Sofia ini memang berkulit lebih gelap daripada kakaknya. Sepertinya keturunan dari bapaknya XP Kalo emaknya kan putih wahaha XP

Nah perkembangan apa saja yang sudah dilalui Sofia selama 3 bulan ke belakang? Mari kita rekaaap.

1. Beratnya alhamdulillah naik 700 gram dari bulan lalu. Sekarang 5,7 kg. Sedangkan berat emaknya makin menyusut, sekarang udah kepala 5 horeee. Yang mana berat sekarang lebih ringan daripada berat di awal hamil :p
2. Waktu tidur malamnya makin lama. Pules les lesss. Tapi ya emaknya mesti tetep rajin-rajin nenenin di malam hari walaupun si bocil masih merem. Paling gak di malam hari 2x sesi nenen deh. Emang bisa? Bisalah. Udah insting bocil kalo dideketin sama bau nenen, trus pipinya ditoel dikit biar sedikit melek, mulutnya langsung mangap dan hap nenen deh :p
3. Waktu meleknya di siang hari aka waktu mainnya makin lama. Apalagi kalo denger suara kakaknya. Wih susah tidur siang deh kalo udah gitu. Nah bisa tidur siang kalo kakaknya juga tidur siang. Alhamdulillah sejak saya “dirumahkan” aka jarang ke toko lagi, kakaknya bisa lumayan tidur siang dengan teratur. Biasanya habis nonton Upin Ipin dan makan siang, saya giring kakak dan adiknya ke kamar. Saya membacakan satu buku sambil nenenin si dedek. Dan tidurlah mereka berdua hingga sore.
4. Sofia kemampuan berbahasanya lebih terlihat di awal daripada kakaknya. Sejak usia 2,5 bulanan Sofia udah bisa ngeluarin suara-suara semacam “auu, eaaa, aaee, oow” dan bisa diajak “berkomunikasi”. Kadang saya dengar dia juga bergumam “mam” ketika saya makan. Tapi baru 2x mendengarnya sih. Semakin ke sini kalo diajak ngobrol, tanggapan Sofia juga semakin heboh. Dia benar-benar seperti menyahut jika diajak berbicara. Dulu seingat saya, Hani di usia yang sama, belum mengeluarkan suara apapun. Hani terbilang agak telat bisa berbicara, baru setelah usianya sekitar 2,5 tahun. Tapi.. Sekalinya dia bisa, kemampuan berbicara dan kosakatanya berkembang sangat pesat. Artikulasinya pun jelas. Nah si adik bisa jadi menunjukkan kemampuan berbicara di awal karena sudah terbiasa mendengar ocehan kakaknya yang ceriwis haha atau karena terbiasa mendengar bundanya membacakan buku cerita setiap hari ke kakaknya dan ke dirinya ketika dia masih di kandungan.
5. Sofia udah mulai bisa menggerakkan tangannya untuk meraih mainan gantungnya.
6. Sofia udah mulai suka ketawa secara sadar ketika diajak berbicara. Tapi ketawanya lebih sering tanpa suara, hanya seringai lebar yang menunjukkan gusinya haha.
7. Baru bisa miring-miring sedikit. Kalo ditengkurapkan dia kurang suka. Tapi kepalanya sudah mulai lumayan tegak. Sudah lebih kuat
8. Masih suka muntah ASI, apalagi kalo aliran ASI-nya habis deras yang disedot. Huhuhu. Mungkin ini karena emaknya juga suka lupa untuk nyendawain dia habis nenen.

Sekian perkembangan dari Sofia 3 bulan ke belakang. Semoga Sofia bisa tumbuh optimal, sehat, ceria, dan tumbuh jadi anak solehah. Aamiin. Oya kalo dari foto, Sofia makin mirip siapa ya? Ayah apa bundanya ya? Hihi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s