Parenting · Tutorial

Membuat Pasir Mainan Sendiri

Kemarin, ketika saya sedang berjalan-jalan di Gramedia, saya melihat sebuah buku yang menarik. Isinya tentang tutorial membuat mainan sendiri untuk anak. Berbahasa Indonesia. Beberapa tahun lalu, buku semacam ini kayaknya jarang ada. Tadinya udah kepengen beli, tapi harganya yaaa lumayan bingit. Padahal isinya gak terlalu banyak dan actually kalo rajin browsing banyak juga sumbernya di internet. HANYA saja kebanyakkan BERBAHASA INGGRIS. Yang kadang suka bikin males bacanya, ya gak? :p

Kebetulan ada satu buku yang kebuka gak diplastikkin. Bukan saya ya yang buka. Nah, kata suami difoto aja beberapa. Ish saya mah gak mau, kasian ah. Akhirnya ya untuk yang menarik minat saya, saya coba ingat-ingat aja cara buatnya. 

Ada satu yang menarik yaitu membuat pasir kinetik sendiri. Mainan pasir yang lagi ngehits dan banyak dijual di internet itu loh bu. Ternyata caranya mudah banget. Cuman butuh tepung terigu dan baby oil. Besoknya langsung coba saya praktekkin bersama bocil. Tapi sebelumnya saya googling lagi untuk memastikan. 

Dan saya nemu gambar di bawah ini. Tuh kan keterangannya dalam bahasa Inggris 😂

Cara membuat pasir mainan aka moon sand. Cara membuat pasir kinetik juga ada di bagian kanan. Hanya saja bahan yang dibutuhkan lebih banyak daripada membuat pasir mainan biasa

Kalo dari gambar, tutorial yang saya baca di buku kemarin, menunjukkan cara membuat pasir mainan biasa aka moon sand aka pasir bulan (arti harafiah wkwk). Udah gitu moon sand yang paling basic. Makanya saya udah curiga gak mungkin ah bikin pasir kinetik gampang banget hehe. Kalo cara membuat pasir kinetik juga ada di foto tersebut hanya saja bahan yang dibutuhkan lebih banyak. Oya perbedaan pasir kinetik sama pasir mainan biasa itu, kalo pasir kinetik gak lengket di tangan, bener-bener bersih tangan kita kalo main itu. Terus pasir kinetik juga lembuuut banget, mudah dibentuk tapi tidak basah.

Oke lah gpp, akhirnya saya dan bocil coba mempraktekkan dari yang paling mudah. Mari membuat pasir mainan biasa dulu! Karena baru mencoba, kami hanya membuat setengah resep. Berikut ini bahan dan langkahnya

Bahannya hanya tepung terigu dan baby oil
  1. 2 cup tepung terigu. Kalo ukuran cup-nya saya pake gelas plastik/aqua gelas
  2. 1/4 cup baby oil

Cara membuat

Pasir mainan yang udah jadi
  1. Campur tepung terigu dan baby oil 
  2. Uleni dengan tangan hingga menyatu
  3. Jika sekiranya hasilnya belum terlalu menyatu atau belum bisa dibentuk adonannya, tambahkan baby oil lagi
  4. Selesai dan siap dimainkan. Hasil akhirnya si pasir sedikit lengket di tangan, maksudnya gak bakalan sebersih kalo kita main pasir kinetik, dan kalo jatuh ke lantai bisa bikin licin
Hasil karya bocil dengan pasir mainannya

Bocil senang sekali memainkannya. Yuk bu coba dibuat. Lumayan menghemat kan kalo bisa bikin sendiri 😁

10 thoughts on “Membuat Pasir Mainan Sendiri

  1. Kayaknya anak-anak bakalan asyik nih kalo dibuatin begini. Selama ini anak-anak paling cuman mainan pasir di depan rumah saja sih, mbak. Kalo mainan begini, bisa dicetak bikin apa gitu kan ya.🙂

  2. anakku suka nih main pasir begini… kita biasanya beli yg udh jadi mbak.., tp namanya anak2 ya, kadang suka bececeran kemana2, dan lama2 hilang… beli trs2an malesin juga krn jd mahal😀 lumayan nih ada cara bikinnya. supaya ga sering2 beli😀

Leave a Reply

