travelling

Berkunjung ke Peternakan D’Kandang Depok

Sudah lama, berkunjung ke peternakan menjadi rencana jalan-jalan keluarga kami. Mencari udara segar, mengenalkan anak-anak dengan hewan, tentu menjadi alternatif jalan-jalan yang mengasyikkan untuk “orang kota” seperti kami.

Peternakan D’Kandang (D’Kandang Amazing Farm) dipilih sebagai tujuan untuk dikunjungi tentu saja karena lokasinya tak jauh dari rumah kami di Grogol, Depok. Selain itu, karena dengar-dengar tiket masuknya GRATIS dan tiket wahananya di-DISKON 50% kalo datangnya hari Minggu pagi. Mendengar kata GRATIS dan DISKON, saya dan suami langsung excited banget lah. Fix, kita kudu jalan ke D’Kandang! ๐Ÿ˜„

LOKASI

D’Kandang Amazing Farm terletak di daerah Pasir Putih, Sawangan, Depok. Lokasi tepatnya bisa dilihat di peta ini ya. Ada nama jalannya juga. Kalau naik mobil pribadi tinggal ikutin arah jalan via Google Maps. Kalau naik mobil angkutan umum sepertinya agak sulit karena lokasinya jauh dari jalan raya yang dilewati angkot. Oya jangan kaget, lokasi D’Kandang ini ada di sebuah perumahan. Di gerbangnya tertulis perumahan PGRI. Gak jauh dari gerbang, sekitar 50 meter baru ada tulisan D’Kandang Amazing Farm. Untuk patokan jalan menuju ke sana bisa dicek langsung di web D’Kandang:ย http://dkandang.co.id/lokasi/

Peta menuju ke D’Kandang Amazing Farm. Credit: http://dkandang.co.id

Berapa Biaya Tiketnya?

Normalnya tiket masuk adalah Rp 10.000/orang. Harga tersebut berlaku baik hari kerja maupun weekend. Tapi yang perlu dicatat, D’Kandang tutup setiap hari Jumat ya. Kalau tanggal merah tetap buka.

Hanya saja, ada yang spesial nih. Entah ini akan berlaku seterusnya atau tidak, saya kurang tahu. Jika kita berkunjung hari Minggu pagi jam 06.00-09.00 maka TIKET MASUKNYA GRATIS TIS TISS..ย 

Saya udah buktiin sendiri. Saya dan keluarga sampai di D’Kandang sekitar pukul 07.00 pagi. Wow, parkiran udah penuh dong jam segini. Dan loket tiket masuk belum dibuka, makanya gratis hehe ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜… Tapi, pintu masuk D’Kandang udah dibuka. Semua orang boleeeh masuk, gak ada penjaga khusus. Begitu masuk ke D’Kandang, kami langsung disambut musik aerobik yang sangat kencang. Eaaak, ternyata ada ibu-ibu lagi pada aerobik kalo pagi. Aerobik diadakan di bagian depan D’Kandang yang berupa lapangan luas dengan rumput sintetis. Sepertinya, warga sekitar memang boleh beraktifitas di situ.

Yak balik lagi soal tiket. Untuk tiket masuknya memang terbilang murah. Tapi, tiket setiap wahana atau aktifitasnya terbilang lumayan gak murah hehe ๐Ÿ˜… Hanya saja, spesial di Minggu pagi jam 06.00-09.00 tiket setiap wahananya di-DISKON 50% (tapi hanya wahana permainan bukan wahana kreasi). Ini lumayan penghematan pake banget loh!

Total pengeluaran saya dan keluarga ketika berkegiatan di D’Kandang hanya Rp 55.000. Kalo gak didiskon bisa habis Rp 105.000. Yaaay berhemat banget kan! Itu sudah menyusui cempe (anak kambing) Rp 10.000, berkunjung ke mini pasteur-nya (memberi makan kelinci dan sapi, melihat dari dekat kebo bule, kalkun, musang, domba) Rp 10.000, menunggang kuda Rp 15.000, berkeliling melihat ayam, bebek, memerah susu sapi Rp 10.000, menangkap ikan dan membawa pulang 1 ekor ikan Rp 10.000.

Lebih jelasnya soal harga tiket per wahana bisa dilihat di foto berikut ini.

Harga tiket per wahana. Kalau Minggu pagi jam 06.00-09.00 harga tiket wahana permainan didiskon 50%

Di D’Kandang juga ada tiket terusan dan tiket per paket. Sampai saya menulis ini, untuk tiket terusan lagi ada promo, dari Rp 400.000 menjadi Rp 250.000. Dapat apa saja? Bisa dilihat di foto ini ya.

Promo tiket terusan berlaku sampai 31 Desember 2016. Credit: Instagram @dkandang

Sedangkan untuk paket yang ditawarkan beserta harganya bisa dilihat di foto berikut ini. Tetep lebih murah kalo kamu datang hari Minggu pagi sih ๐Ÿ˜„

Paket kegiatan di D’Kandang. Bisa pilih sesuai minat. Cocok untuk yang mau ngadain study tour

Apa Aja Kegiatannya?

Kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di D’Kandang banyak sekali. Wahananya dibagi menjadi dua, yakni wahana permainan dan wahana kreasi. Saya dan keluarga memilih kegiatan wahana permainan karena untuk wahana kreasi, Hani sepertinya belum bisa mengerjakannya. Kalo anak se-usia SD mungkin bisa dicoba untuk wahana kreasi, seperti melukis caping, kokedama, dll. Apa saja yang masuk wahana permainan atau kreasi bisa dilihat di foto harga tiket wahana ya.

Selain kegiatan dengan tema peternakan, di D’Kandang juga ada kegiatan dengan tema perkebunan (cara membuat pupuk, mengenal padi, mengenal tanaman hidroponik, dll) dan ketangkasan (outbond, masak rimba, dll).

Ini beberapa foto kegiatan yang kami lakukan di D’Kandang:

Anak kambing (cempe) ini ternyata diberi minum susu formula (khusus hewan ya). Walau mereka juga tetap masih menyusu pada induknya. Btw, mereka doyan sekali sampe berebutan hehe. Anak saya gak mau difoto karena ketakutan dikejar-kejar cempe yang minta susu xD
Kambing super kece haha! Rambutnya pirang, belah tengah, dan berponi. Macam anak boyband zaman dulu kalo kata suami ๐Ÿ˜…
Mini pasteur. Sebuah area peternakan mini. Di dalamnya ada kelinci, sapi, musang, kalkun, kebo bule, kambing, dan domba.
Gak afdol kalo gak ada foto lengkap sekeluarga:mrgreen:
Kebo bule (kerbau albino) sedang berendam. Kebo ini warnanya agak pink, putih, coklat muda. Konon harga per ekornya cukup tinggi, ada yang bisa sampai miliaran rupiah. Wow!
Menunggang kuda. Sayang jarak tempuhnya pendek sekali ๐Ÿ˜…
Sebelum diperah sapi dimandikan dulu. Sapi perah (sapi Frisian) di foto berusia 7 tahun. Sehari bisa menghasilkan 16 liter susu. Di D’Kandang susu yang diperah akan diolah dan dijual. Ada juga yang dijadikan yogurt lalu diberikan cuma-cuma sebagai welcome drink (ditukar dengan tiket masuk).
Susu pasteurisasi produksi D’Kandang. Merknya Safary Milk. Ada berbagai macam rasa. Segeeer dan enak. Harga Rp 8000/botol
Kegiatan yang paling disukai anak saya. Njebur empang dan menangkap ikan. Lihat tuh sekujur badan kuyup semua! ๐Ÿ˜

Gak hanya tempat wisata edukasi, beberapa lokasi di D’Kandang ternyata juga bisa disewa untuk mengadakan acara lain. Ketika kami ke sana, setidaknya ada tiga acara dari luar yang saya lihat. Pertama, acara semacam ospek yang diadakan di dekat tempat menunggang kuda. Kedua, acara reuni sekolah. Dan ketiga, acara berkemah yang diadakan di dekat tempat menangkap ikan. Tapi, di sana ada juga beberapa saung yang cukup besar dan bisa digunakan untuk piknik tanpa perlu menyewa. Nah, saung-saung seperti itu cocok tuh untuk sekedar piknik bareng keluarga atau ngumpul bareng kerabat atau teman-teman terdekat.

Tips

Berikut beberapa tips buat kamu yang mau berkunjung ke D’Kandang Amazing Farm:

  • Kalau ingin melakukan lebih banyak kegiatan wahana permainan,ย HARUS BAWAIN BAJU GANTI terutama untuk anak-anak. Apalagi kalo mau main menangkap ikan. Beuh. Anak-anak bakalan kuyup deh dari ujung kepala sampe ujung kaki. Lah wong pada nyemplung njebur sampe main air berjam-jam di kolamnya. Anak saya aja betah banget di kolam sampe sejam lebih. Di sini saya kasian sama ikannya. Yang sabar ya ikan๐Ÿ˜ฅ
  • Kalau mau main menangkap ikan, jangan lupa bawa sabun dan sampo ya. Di sana memang ada tempat untuk bilas badan, tapi gak ada sabun dan sampo.
  • Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah biar bisa piknik-piknikan hehe. Kalo ke D’Kandang mah asik. Bawa makan minum sendiri gak masalah. Padahal di dalam juga ada restoran dan kedai milkshake plus ice cream dengan harga terjangkau.
  • Bawa hand sanitizer atau tisu basah kalo kamu orangnya jijikan ๐Ÿ˜… di sana agak susah nemu keran atau tempat cuci tangan yang bisa dipake untuk bersih-bersih sehabis berinteraksi dengan hewan. Pas ketemu eh airnya gak nyala.

Berkunjung ke D’Kandangย recommended banget menurut saya. Anak-anak bisa diajak beraktifitas sambil tetap bersenang-senang. Anak saya senang sekali. Dia sampai bilang, “Bunda, kapan-kapan kita ke sini lagi ya”. Insya Allah!

8 thoughts on “Berkunjung ke Peternakan D’Kandang Depok

  1. Aku tuh pengeeen ketempat gini2an, tapi anakku suka takut2 dan moody-an kalau ketemu binatang hahaha, yang anak nanti emaknya doang yg hepi anaknya manyun๐Ÿ˜„

  2. Trimakasih ibu.. tulisannya sangat berguna sekali.. insyaAllah tgl 27 November akan ke d kandang mudah2an masih promo 50% sebelum jam 9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s