Parenting

Review 5 Bulan Sofia

Sofia main sensory bottle yang diisi dengan water beads warna warni

Nah nah kan.. Saya mulai gak konsisten updatenya. Pas 4 bulan saya kelewatan gak bikin review. Pas 5 bulan juga hampir kelewatan. Emang nih saya lagi banyak pikiran 😅 
Salah satunya mikirin berat badan si adek yang mulai sedikit nambahnya. Sepertinya salah satu penyebabnya karena produksi ASI saya tidak terlalu banyak. Baru asal nebak aja sih. Tapi saya gak mau nyerah gitu aja. Saya coba konsumsi berbagai macam makanan/minuman yang disebut-sebut sebagai booster ASI. Saya rutin minum Sari Kurma, pagi dan malam, masing-masing 2 sendok makan. Saya coba rajin makan daun katuk. Saya buat jadi sayur bening supaya lebih enak dimakan. Saya juga beli susu Mama Soya lalu meminumnya pagi dan malam. Plus berusaha menjaga emosi tetap positif dan bahagia walau sebenernya ada aja alasan buat kesel, bete, capek sepanjang hari. Mohon doanya aja ya semoga usahanya membuahkan hasil. Prinsip saya “menyusuilah dengan keras kepala”. Semoga saja Sofia bisa lulus sampe S3 ASI-nya sama seperti kakaknya. Aamiin!

Di usia yang ke-5 bulan ini, Sofia banyak mengalami perkembangan dari segi motorik dan sosial serta bahasa. Antara lain:

  • makin doyan ngoceh-ngoceh. Beberapa kata yg jelas diucapkan seperti ” bapak bapak” (sounds like that) sama “awa awa” hahaha
  • Suka banget ketawa-ketawa kalo digodain atau diajak ngobrol! Such a lovely baby 💕
  • udah pinter megang barang-barang yang “besar” tapi ringan, contoh botol plastik, plastik kresek (mainan favoritnya), buku tipis, bolpen/pensil dll
  • Sangat sangaaat sangaaat excited ngeliatin makanan atau orang lagi makan. Ya Allah, pas saya atau ayahnya lagi makan, Sofia pasti ngeliatinnya terpana sambil mulutnya ikut “nyam nyam” gitu. Kalo udah bisa loncat kayaknya Sofia bakalan langsung loncat ke piring makanan yang lagi dipegang deh haha. Ini beda banget sama kakaknya dulu. Yaa, semoga aja pertanda kalo Sofia doyan makan nanti dan gak picky eater. Aamiin lagi!
  • Suka banget didudukkin. Udah mulai bosen kalo tiduran aja hihi. Tapi kalo lagi dipangku, Sofia pasti matanya ke mana-mana. Tampangnya itu nunjukkin kalo dia pengen eksplorasi segala macam. Selalu excited! Gak kebayang, sepertinya mirip ama kakaknya yang enerjik nih. 
  • Susah tidur siaaaang. Sepertinya karena kondisinya kurang nyaman. Dari pagi sampe sore menghabiskan waktu di toko. Kondisi di toko cukup berisik oleh suara lakban ketika membuat paket-paket orderan atau karena berisik suara motor dari bengkel di sebelah toko. Bisa jadi kurang tidur siang ini penyebab dia juga sulit naik BB. 
  • Muntah ASI udah sangaaat jauh berkurang frekuensinya
  • Mukanya berubah, lama-lama mirip kakaknya. Di mana si Kakak katanya mirip bundanya wkwkwk. Eh tapi masih tetep banyak yang bilang Sofi mirip ayahnya sih 😅

Sepertinya itu saja yang perlu di-highlight. Oya bulan depan Sofi udah mulai MP-ASI loh. Awalnya sih saya mau nyoba metode BLW tapi gak jadi karena mikir mau ngejar kenaikan BB Sofi dulu. Saya pake metodenya WHO aja. Mohon doanya juga semoga lancar nanti 😂💪

3 thoughts on “Review 5 Bulan Sofia

  1. Hahahah sama kyk anak gue len..anak gue dah dari 2.5 bulan dia ngiler kl liat orang makan..skrg makin2 sampe nyam2 juga trus ngecap bahkan liat cuman gue minum air putih doang..kl ngadep depan juga gt dari sblm gue kelar cuti..dia suka ngadep depan dan biasanya kl anak gue langsung kentut dan poop..posisi PW nya dia begitu..atau kl dia lagi bosenan..

Leave a Reply

