Adv · Parenting

Kreasi MP-ASI Asik dan Bernutrisi bersama Cerelac

Banyak yang tidak sadar bahwa zat besi adalah salah satu hal terpenting dalam tumbuh kembang seorang anak. Bahkan katanya, Anemia Defisiensi Besi (ADB) alias kondisi kekurangan zat besi adalah masalah yang paling sering dijumpai pada anak di seluruh dunia, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. ADB ini dapat menyebabkan lemas, mudah lelah, menurunnya daya tahan tubuh, gangguan konsentrasi, juga perilaku. Pada bayi, terutama pada periode emas tumbuh kembangnya, ADB bisa mempengaruhi fungsi kognitif, tingkah laku, dan pertumbuhannya.

Setiap bayi yang baru dilahirkan memang akan membawa cadangan zat besi dalam tubuhnya. Namun, yang perlu diingat bahwa lama kelamaan cadangan zat besi ini akan berkurang bila bayi tidak mendapat asupan yang memadai. Setelah 6 bulan, selain ASI, tentu bayi memerlukan tambahan lain untuk menjaga kecukupan zat besi tersebut. Idealnya kebutuhan zat besi didapatkan dari makanan pendamping ASI atau biasa kita sebut MP-ASI. Tanpa MP-ASI dengan sumber zat besi yang memadai, bayi hampir tidak mendapat pasokan zat besi dari luar sehingga bayi terancam mengalami defisiensi zat besi atau ADB.

Nah, penting banget kan ya mempersiapkan MP-ASI yang baik, bernutrisi, dan tinggi zat besi? Tapi, saya akui untuk mempersiapkan MP-ASI ini kadang menjadi tantangan tersendiri. Untuk ibu-ibu yang berjuang keras dalam menyiapkan MP-ASI yang terbaik buat buah hatinya, kalian luar biasa. Terlepas dari metode yang dipilih, mau pakai metode WHO, BLW (baby led weaning), food combining, atau MP-ASI kemasan (instan). Pasti sudah ada pertimbangan tersendiri mengapa menggunakan metode tersebut😉

MP-ASI dengan Cerelac

Kalau saya sendiri, cenderung memakai metode WHO untuk MP-ASI anak ke-2 saya. Tapi gak saklek juga sih, karena saya pun pakai MP-ASI instan. Biasanya MP-ASI instan untuk siang hari, ketika saya dan anak-anak sedang  “jaga toko” hehe. Maklum mompreneur, jadi gak terus-terusan berada di rumah. Kalau di toko, gak ada bahan-bahan juga peralatan tempur MP-ASI homemade, jadilah saya memilih yang mudah dalam menyiapkannya.

Selalu baca informasi nilai gizi dan komposisi sebelum membeli MP-ASI instan. Pastikan juga kadaluarsanya masih jauh dan kemasan masih rapat.

Tapi jangan hanya asal mudah. Tips saya, usahakan selalu melihat informasi nilai gizi yang ada di kemasan. Zat besi adalah salah satu komponen yang perlu dilihat. Carilah yang mengandung zat besi cukup tinggi. Salah satu merk yang sudah cukup terkenal adalah Cerelac. Nah, Cerelac ini ternyata memiliki kandungan zat besi cukup tinggi loh, persaji lebih dari 50% Angka Kecukupan Gizi.

Kreatif Menyiapkan MP-ASI 

Namanya anak, pasti ada masa susah makan, GTM (Gerakan Tutup Mulut), dan lain sebagainya yang cukup menguji kesabaran kita sebagai ibu dalam menyiapkan MP-ASI. Kreatifitas ibu memang diperlukan untuk menyiasati hal ini. Entah dengan mencari suasana baru ketika sedang memberi MP-ASI, atau membuat menu-menu baru nan kreatif untuk MP-ASI.

Nah, hari Minggu kemarin (13/11/2016), pas banget tuh, saya bersama teman-teman dari Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) dapat undangan untuk ikutan acara “Kreasi MPASI Bernutrisi bersama Chef Steby Rafael dan Cerelac” di Kota Kasablanka dalam rangka merayakan #150TahunCerelac dan #150TahunNestle. Tentu saja, saya antusias buat ikut. Siapa tau dapat ilmu-ilmu menarik yang bisa dipakai untuk MP-ASI anak saya, kan. Plus, saya juga penasaran sih, gimana caranya bikin kreasi makanan dari MP-ASI instan. Karena setau saya, MP-ASI instan seperti Cerelac itu hanya dicampur air panas lalu dihidangkan hehe.

Setelah mengikuti demo masak dan mendengarkan beberapa tips dari chef Steby, saya jadi tahu ternyata ada pemahaman saya yang salah. Pertama, ternyata untuk membuat MP-ASI instan Cerelac, kita cukup mencampurnya dengan air hangat atau suam-suam kuku (sekitar 40°C). Jangan lebih dari 60°C karena bisa menyebabkan bakteri baik yang terkandung di dalam Cerelac bisa mati. Bakteri baik yang namanya probiotik Bifidus BL ini bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan si kecil.

Yang kedua, ternyata MP-ASI instan seperti Cerelac bisa dikreasikan jadi makanan yang asik dan tentu enak! Kata chef Steby caranya adalah mengkombinasikan Cerelac dengan bahan-bahan makanan alami lainnya, seperti buah-buahan, sayuran, atau umbi-umbian. Pemberian gula dan garam juga boleh untuk anak di atas 1 tahun ya, tapi jangan terlalu banyak. Untuk pemberian MSG atau penguat rasa gimana? Sebaiknya dihindari karena jika anak sudah mengenal rasa yang terlalu kuat sedari kecil, bisa jadi ia akan menjadi picky eater ke depannya. Kalau saya menyiasatinya dengan memberikan bumbu aromatik (duo bawang alias bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, dll) atau dengan menggunakan bumbu kaldu (non MSG) yang bisa dibuat sendiri.

Lagi lomba recreate resep MP-ASI Puding Cerelac Kurma Madu. Alhamdulillah ya kita menang hihi

Di acara kemarin, chef Steby nge-demo-in 3 resep kreasi MP-ASI menggunakan Cerelac yang bisa juga loh dicontek di rumah. Insya Allah gak sulit dan mudah menyiapkannya. Soalnya saya dan emak-emak blogger lainnya langsung mempraktekkan beberapa resepnya saat acara. Iya, kami dibagi ke dalam empat tim. Lalu per dua tim diadu untuk recreate resep dari chef Steby. Alhamdulillah, tim saya, mak Helen, dan mak Ayu bisa juara untuk resep Puding Cerelac Kurma Madu. Horeee. Serius gak nyangka banget, tapi namanya rezeki yaaa disyukuri aja ya, alhamdulillah😀

Oya, ini dia resepnya, silakan bu ibu kalo mau dipraktekkan di rumah. Tapi ada beberapa resep yang lebih cocok disajikan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Kalo usia 6 bulan-an kayak anak saya sih palingan menu-nya yang simple aja ya mak. Dihias-hias bocahnya juga belum paham hihi.

Resep Puding CERELAC Kurma Madu

Puding Cerelac Kurma Madu

Rekomendasi usia: di atas 1 tahun

Bahan:

  • 100 gram CERELAC Kurma Madu
  • 150 ml susu cair/air matang
  • 2 butir telur
  • 25 gram kurma, potong-potong

Cara membuat:

  • Campur CERELAC dan susu cair/air matang suam-suam kuku, aduk hingga rata
  • Tambahkan telur, kocok kembali hingga rata
  • Masukkan kurma, kocok kembali
  • Tuang adonan ke dalam cetakan
  • Kukus atau panggang hingga matang, angkat dan sajikan

Resep Bubur Sayuran Ungu dengan CERELAC Wortel Bayam Labu

Rekomendasi usia: 6 bulan ke atas

Bahan:

  • 5 sendok makan CERELAC Wortel Bayam Labu
  • 60 gram ubi merah atau ubi ungu
  • 170 ml air hangat

Cara membuat:

  • Kukus atau rebus ubi sampai empuk, lalu haluskan. Saya prefer mengukusnya, supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga
  • Campur CERELAC dengan ubi
  • Campur dengan air hangat, makanan siap disajikan

Resep Crepes CERELAC Apel Pisang

Rekomendasi usia: di atas 1 tahun

Bahan Crepes:

  • 75 gram tepung terigu
  • 1/2 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 160 ml susu cair
  • 1 sdt mentega, lelehkan

Isi:

  • 20 gram CERELAC Bubur Susu Pisang
  • 150 ml air hangat
  • 1 sdt margarin
  • 8 buah pisang raja matang

Saus apel:

  • 1/2 buah apel, kupas, parut halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 cm kayu manis batang
  • 1 sdt maizena, larutkan dengan 50 ml air
  • 1 sdm keju parut

Cara membuat:

  • Crepes: campur semua bahan crepes, aduk rata. Panaskan pan dadar, oleskan margarin, buat dadar tipis. Angkat, lakukan hal yang sama hingga bahan habis
  • Isi: campur semua bahan isi, aduk hingga rata dan halus. Panaskan margarin, masukkan pisang, masak hingga pisang harum dan matang. Angkat
  • Saus apel: campur apel, kayu manis, dan gula pasir, masak hingga harum, masukkan larutan maizena, masak hingga mengental. Angkat
  • Ambil selembar crepes, oles dengan campuran isi lalu letakkan satu buah pisang, gulung hingga padat dan rapi
  • Potong-potong dan sajikan dengan saus apel dan taburan keju parut
  • Bisa untuk 8 porsi

Selamat berkreasi ya mak!

Semoga anak kita senantiasa tumbuh sehat dan optimal

28 thoughts on “Kreasi MP-ASI Asik dan Bernutrisi bersama Cerelac

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s