Parenting · Tips dan Trik

Ide Hadiah untuk Si Kakak Baru

Pada umumnya, ketika seorang ibu habis melahirkan, ia dan terutama sang bayi akan mendapatkan banyak hadiah, baik dari kerabat maupun kawan dekat sebagai ucapan selamat. Mulai dari hadiah baju-baju bayi yang cantik, baju tidur, kosmetika bayi, mainan, buku bantal, strollerbouncer, peralatan menyusui, perlengkapan makan untuk si bayi nanti, dan lain sebagainya. Banyak pokoknya!

Nah, pernah kepikiran juga gak, kalau misalkan nih, si bayi punya kakak, dan kakak melihat begitu banyak hadiah plus perhatian yang dilimpahkan kepada ibu dan terutama adiknya, apa ya yang kira-kira kakak rasakan? Apalagi, kalau usia kakak ternyata tidak terpaut terlalu jauh dengan adik. Mungkinkah akan muncul rasa-rasa seperti sedih atau iri karena ia juga tidak mendapatkan hadiah seperti ibu dan adiknya? Sangat mungkin.

Karena itu, yuk kita beri juga si kakak hadiah sebagai ucapan selamat bahwa ia telah menyandang status kakak. Supaya terekam memori positif dalam pikirannya bahwa menjadi kakak itu menyenangkan, bahwa dari hari pertama ia menjadi kakak, ia tidak perlu khawatir akan kehilangan perhatian dari orang-orang di dekatnya. Hmmm, sekarang, kira-kira hadiah apa ya yang cocok untuk si kakak baru?

Tips Mencari Hadiah untuk si Kakak Baru

Sebelum menentukan produknya apa, ada baiknya tips-tips ini dicoba supaya tidak terlalu bingung. Plus, tentu saja, kita ingin memberi hadiah tidak hanya sekedar hadiah kan. Inginnya sih hadiahnya bisa benar-benar bermanfaat untuk yang menerima.

  • Tanyakan pada orang tuanya, si kakak usia berapa?
  • Tanyakan hobinya juga
  • Jika ingin memberi buku atau mainan bisa konfirmasikan juga ke orang tuanya, apakah kira-kira sudah punya

Ide Hadiah untuk si Kakak Baru

Kalau tiga poin di atas tidak ditanyakan, bagaimana? Ya gapapa juga sih. Tapi, siap-siap aja kalau ternyata hadiah yang kita berikan sudah dimiliki oleh si kakak dan bisa jadi kakak merasa kecewa. Tapi kayaknya kecil kemungkinan untuk kecewa ya. Namanya anak-anak dikasih hadiah pasti suka banget😉

Nah, menurut saya, ini hadiah-hadiah yang cocok untuk si kakak baru. Dengan catatan, usia si kakak baru yang dimaksud di postingan ini, masih usia balita ya. Kalau teman-teman ada yang punya ide hadiah lain, langsung komen aja😉

  • Mainan boneka bayi. Mainan ini bisa juga jadi sarana “latihan” si Kakak dalam menghadapi adiknya. Misalkan, ibu lagi sibuk menenangkan adik bayi yang menangis dengan cara menggendong dan menyanyikannya lagu. Kakak pun bisa ikutan bermain peran sebagai ibu dengan menggendong-gendong bayi mainannya. Kakak jadi belajar juga kan untuk bersikap lembut terhadap adik bayinya. Tentu saja tetap diselipkan pesan sponsor bahwa untuk memperlakukan adik bayi beneran lebih berhati-hati dibandingkan dengan bayi mainan.
Kakak bermain merawat adik bayi. Source: tulustoyland.com
  • Mainan boneka rekam. Boneka yang bisa merekam suara ini bisa juga dijadikan hadiah untuk si Kakak. Idenya, orang tua merekam suara mereka melalui boneka ini, yang mengungkapkan betapa sayangnya orang tua pada si Kakak. Mainan boneka rekam banyak dijual online seperti di Tokopedia dll
Mainan Boneka Rekam. Source: tokopedia.com
  • Mainan edukasi sesuai umur. Mainan yang gak hanya sekedar mainan, tapi juga menambah pengetahuan untuk anak. Gak sulit lah ya untuk mencarinya. Sekarang, sudah banyak yang menjual mainan edukasi, seperti puzzle, lego, wooden block, dan lain sebagainya. Kalau saya, mencari mainan edukasi biasanya via Shopee atau Instagram. 
  • Handuk kembar. Ide ini terinspirasi dari hadiah yang diberikan oleh tante saya ketika anak ke-2 saya lahir. Tante memberi 2 handuk yang sama. Satu bertuliskan bordir nama anak ke-2 saya dan satu lagi bertuliskan nama kakaknya. 
  • Baju kembar. Kalau mau repot sedikit, bisa juga loh menghadiahkan baju kembar. Kakak dapat baju bertuliskan namanya dan si adik dapat jumper yang juga ada namanya

Punya ide lain yang cocok diberikan kepada si Kakak baru? Feel free to share with me ^^

2 thoughts on “Ide Hadiah untuk Si Kakak Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s