Institut Ibu Profesional

Forum Keluarga

​​Adalah salah satu hal yang menjadi wishlist saya untuk dilakukan tahun ini. Sebuah forum santai di mana kami sekeluarga bisa berbincang-bincang tentang berbagai hal lalu mendapatkan pelajaran darinya atau membicarakan masalah yang sedang dihadapi dan bersama mencari solusinya. 

Alhamdulillah forum sederhana tersebut berhasil dimulai malam ini. Disempat-sempatkan sembari makan malam. Kalau gak disempatkan ya sepertinya gak akan jadi-jadi juga diselenggarakan hehe. 
Yang dibahas malam ini pun sederhana. Pertama, tentang harapan saya dan suami terhadap Hani-anak pertama- yang sebentar lagi menginjak usia 5 tahun. Saya dan suami membuat kesepakatan dengannya, terutama tentang satu hal yakni kemandirian dalam hal makan sendiri. 

Kami menegaskan bahwa kami ingin Hani bisa lebih mandiri dalam hal ini. Kami memberikan tantangan kepadanya dan reward jika berhasil konsisten untuk mandiri dalam hal makan. Hani setuju walau tetap ia menimpali dengan sejuta kata tapi. 

“Tapi, kalau gak habis gimana?”
“Tapi, kalau aku capek gimana?”

“Tapi, kalau di sekolah kan aku sudah makan sendiri”

Alhamdulillah di poin ini saya berhasil menjaga nada bicara saya dan menyampaikan keinginan saya dengan ramah kepada Hani. Saya dan suami pun menjawab setiap pertanyaan Hani dengan kalimat-kalimat positif yang menyakinkan Hani bahwa dia pasti BISA. 

Hal kedua yang dibahas adalah tentang jadwal saya dan suami datang ke kelas Hani untuk menjadi Parent of The Week. Kami menyepakati bahwa akan datang minggu depan. Dan juga menyepakati jenis kegiatan yg akan dilakukan. 

Forum malam ini gak berlangsung lama. Karena Hani dan adiknya sudah mengantuk. Next, mungkin perlu dipikirkan waktu yang lebih tepat untuk menggelar forum seperti ini, terutama jika anak juga dilibatkan. 

#hari1

#tantangan10 hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

