Institut Ibu Profesional

Dari Empati ke Kreatif

Ketika itu, kami sekeluarga pergi bersilaturahim ke rumah seorang kawan semasa kuliah. Tidak hanya kami sekeluarga sih. Ada beberapa orang lainnya yang juga teman kuliah ikut serta bersama dengan pasangan dan anaknya masing-masing.

Tentu saja suasana menjadi sangat ramai. Yang tua-tua ngobrol seru mengenang masa lalu atau membicarakan apa-apa saja yang sudah dialami hingga saat ini. Yang anak-anak bermain di sebuah ruangan. Kebetulan isi ruangannya seru sekali. Kalau buat anak-anak mungkin surga dunia. Ada banyak buku bagus berwarna-warni, mainan-mainan kayu, dan boneka. 

Semua anak pasti akan betah main di ruangan tersebut. Namun tiba-tiba, suasana cukup menyenangkan tadi dipecahkan oleh suara tangisan dan teriakan seorang anak. Lalu disusul oleh tangisan dan teriakan anak lainnya. Ternyata, kedua anak tersebut sedang bersitegang. Masalah anak-anak pada umumnya. Ada yang sedang asik bermain lalu mainannya direbut begitu saja. Dan, tidak ada yang mau mengalah.

Kakak yang saya kira hanya menjadi penonton ternyata malah memberi respon mengejutkan. Kakak mengambil 2 lembar tisu di ruang tamu dan menyerahkannya kepada masing-masing dari mereka. Maksud Kakak supaya kedua temannya tadi bisa menyeka air matanya. Bagi saya, tindakan Kakak ini termasuk hal yang kreatif. Yang lahir dari rasa empati terhadap orang lain. Saya cukup tersentuh walaupun di awal sedikit terperangah. Tidak menyangka jika anak saya bisa bertindak demikian šŸ™‚

Semoga saja, Ayah dan Bunda bisa mendampingi Kakak bertumbuh menjadi individu yang memiliki rasa empati tinggi juga kreativitas dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada.

#Tantangan10Hari

#Level9

#KuliahBunSayIIP

#ThinkCreative

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s