Review 3 Bulan Sofia

image

Kok mirip cowok ya? XP

Alhamdulillah, bolu coklat saya kini sudah 3 bulan hihi. Saya bilang “bolu coklat” karena si Sofia ini memang berkulit lebih gelap daripada kakaknya. Sepertinya keturunan dari bapaknya XP Kalo emaknya kan putih wahaha XP

Nah perkembangan apa saja yang sudah dilalui Sofia selama 3 bulan ke belakang? Mari kita rekaaap.

1. Beratnya alhamdulillah naik 700 gram dari bulan lalu. Sekarang 5,7 kg. Sedangkan berat emaknya makin menyusut, sekarang udah kepala 5 horeee. Yang mana berat sekarang lebih ringan daripada berat di awal hamil :p
2. Waktu tidur malamnya makin lama. Pules les lesss. Tapi ya emaknya mesti tetep rajin-rajin nenenin di malam hari walaupun si bocil masih merem. Paling gak di malam hari 2x sesi nenen deh. Emang bisa? Bisalah. Udah insting bocil kalo dideketin sama bau nenen, trus pipinya ditoel dikit biar sedikit melek, mulutnya langsung mangap dan hap nenen deh :p
3. Waktu meleknya di siang hari aka waktu mainnya makin lama. Apalagi kalo denger suara kakaknya. Wih susah tidur siang deh kalo udah gitu. Nah bisa tidur siang kalo kakaknya juga tidur siang. Alhamdulillah sejak saya “dirumahkan” aka jarang ke toko lagi, kakaknya bisa lumayan tidur siang dengan teratur. Biasanya habis nonton Upin Ipin dan makan siang, saya giring kakak dan adiknya ke kamar. Saya membacakan satu buku sambil nenenin si dedek. Dan tidurlah mereka berdua hingga sore.
4. Sofia kemampuan berbahasanya lebih terlihat di awal daripada kakaknya. Sejak usia 2,5 bulanan Sofia udah bisa ngeluarin suara-suara semacam “auu, eaaa, aaee, oow” dan bisa diajak “berkomunikasi”. Kadang saya dengar dia juga bergumam “mam” ketika saya makan. Tapi baru 2x mendengarnya sih. Semakin ke sini kalo diajak ngobrol, tanggapan Sofia juga semakin heboh. Dia benar-benar seperti menyahut jika diajak berbicara. Dulu seingat saya, Hani di usia yang sama, belum mengeluarkan suara apapun. Hani terbilang agak telat bisa berbicara, baru setelah usianya sekitar 2,5 tahun. Tapi.. Sekalinya dia bisa, kemampuan berbicara dan kosakatanya berkembang sangat pesat. Artikulasinya pun jelas. Nah si adik bisa jadi menunjukkan kemampuan berbicara di awal karena sudah terbiasa mendengar ocehan kakaknya yang ceriwis haha atau karena terbiasa mendengar bundanya membacakan buku cerita setiap hari ke kakaknya dan ke dirinya ketika dia masih di kandungan.
5. Sofia udah mulai bisa menggerakkan tangannya untuk meraih mainan gantungnya.
6. Sofia udah mulai suka ketawa secara sadar ketika diajak berbicara. Tapi ketawanya lebih sering tanpa suara, hanya seringai lebar yang menunjukkan gusinya haha.
7. Baru bisa miring-miring sedikit. Kalo ditengkurapkan dia kurang suka. Tapi kepalanya sudah mulai lumayan tegak. Sudah lebih kuat
8. Masih suka muntah ASI, apalagi kalo aliran ASI-nya habis deras yang disedot. Huhuhu. Mungkin ini karena emaknya juga suka lupa untuk nyendawain dia habis nenen.

Sekian perkembangan dari Sofia 3 bulan ke belakang. Semoga Sofia bisa tumbuh optimal, sehat, ceria, dan tumbuh jadi anak solehah. Aamiin. Oya kalo dari foto, Sofia makin mirip siapa ya? Ayah apa bundanya ya? Hihi..

Rekomendasi Buku Anak: Serial Ibadah Perisai Qids

Saya tipe yang lebih suka membelikan buku untuk anak ketimbang mainan. Tapi gak lantas semua buku berlabel buku anak saya beli begitu saja. Sebelum beli biasanya saya akan cek isi dalamnya, seperti gimana konten edukasinya, dibawakan dengan ringan atau berat, kontennya valid gak, apakah tulisannya panjang atau tidak, jika panjang apakah bahasanya mudah dimengerti atau membingungkan, plus gambarnya menarik gak (penting buat anak balita terutama yang belum bisa baca, biar menarik hehe). Di postingan kali ini, saya mau memberi rekomendasi tentang buku anak muslim yang cukup memuaskan bagi saya dari faktor-faktor di atas. Bukan jualan ya bu ibu. Saya jualan snack bukan buku hehe :p Ini murni pendapat saya saja. Dan karena menurut saya bukunya buaaaguuus (8 dari 10 lah), maka saya share di sini. Siapa tau ada bu ibu yang lagi cari buku recommended untuk mengajarkan tentang Islam kepada anaknya.

image

Paket Serial Ibadah isi 9 buku

Dijual dalam satu paket isi 9 buku. Paket Serial Ibadah dari Perisai Quran Kids ini terdiri dari buku Juz Amma, Doa Doa Pilihan, Ayo Belajar Bersuci, Ayo Belajar Shalat, Dzikir Dzikir Setelah Shalat, Ayo Shalat Berjamaah, Ayo Belajar Haji, Ayo Berpuasa, dan Ayo Kita Zakat. Paket buku ini saya beli ketika Islamic Book Fair. Waktu itu harganya cukup miring daripada harga normalnya. Karena sebelumnya juga pernah punya buku dari Perisai Quran Kids dan cocok sama style bukunya langsunglah paket buku Serial Ibadah saya bawa ke kasir.

Alhamdulillah pilihan saya gak salah. Buku-buku tersebut sangat bermanfaat dalam mengajarkan Islam untuk anak saya. Ini beberapa poin keunggulannya:
1. Materi yang disampaikan dalam buku insya Allah valid. Di halaman buku bagian bawah kadang diselipkan landasan berupa Al-Qur’an dan hadits yang mendasari cerita dalam buku.
Misal tentang gerakan rukuk di mana punggung dan kepala lurus sejajar, diberikan keterangan bahwa hal tersebut berdasarkan QS. al-Hajj: 77 dan HR Muslim juga Ibnu Majah.

image

Contoh kutipan ayat dan hadits yg digunakan sebagai dasar cerita. Biasanya letaknya di bagian bawah buku

2. Bahasa yang digunakan padat dan jelas. Tidak terlalu panjang atau bertele-tele. Penggunaan bahasa yang padat dan jelas tentu mempermudah juga bagi pendamping anak seperti saya atau mungkin guru untuk menyampaikan pesan pelajaran di buku kepada anak-anak. Makanya di cover depan beberapa bukunya ada tulisan cocok untuk buku pendamping TK dan SD. Memang cocok😀

3. Full colour dan memuat gambar-gambar yang cukup menarik walaupun untuk gambar manusia tidak nampak mukanya hehe.

4. Ada contoh-contoh kasus dalam kehidupan nyata untuk buku tentang puasa, zakat, haji. Tentang cara perhitungan zakat dalam contoh sederhana, tentang kisah bapak Maman dalam mempersiapkan diri untuk berhaji, tentang anak yang tidak berpuasa dan konsekuensinya dll

5. Materi yang disampaikan runut dan cukup lengkap. Misal dalam buku Ayo Belajar Bersuci, di awal buku anak diajak terlebih dulu untuk mengenal hal-hal yang membuat kita harus bersuci (mengenal jenis-jenis najis) baru setelahnya diberi penjelasan mengenai cara mensucikannya

image

Materi yang disampaikan bertahap. Contohnya dalam buku Ayo Belajar Bersuci.

Wah banyak ya kelebihannya. Kalo kekurangannya sih menurut saya buku-buku dari Perisai Qids susah ditemukan di toko buku baik offline maupun online. Kurang promosi… Padahal mah konten buku-bukunya menurut saya daging banget. Tapi bisa dikemas dalam buku yang simple dan menyenangkan. Di online ada sih yang jual, di Tokopedia juga ada. Tapi yang jual gak sebanyak buku-buku terbitan dar Mizan hehe. Terus gimana kalo mau beli bukunya? Tenang ternyata Perisai Qids ini ada webnya sendiri di mana kita bisa belanja buku-bukunya. Alamatnya di http://perisaiquran.com Silakan diintip😀

Semoga rekomendasi buku ini bisa jadi pertimbangan juga bagi bu ibu yang lagi mencari buku anak muslim recommended. Insya Allah gak bakalan rugi menginvestasikan dana di buku-buku dengan konten yang bagus, terlebih untuk anak. Semoga kelak hasilnya bisa dituai di masa depan :):)

Review 2 Bulan Sofia

image

Sofia 2 Bulan

Alhamdulillah hari ini, anak saya yang ke-2 sudah genap 2 bulan. Mau ngereview ah perkembangan apa saja yang sudah dilalui olehnya. Sekalian jadi catatan emaknya😀

1. Sudah mulai mengeluarkan suara-suara imut, terlebih ketika diajak ngobrol. Seperti “uuu”, ” auuu”, “eeee”. Seruuu jadinya kalo diajakkin ngobrol haha.
2. Tatapannya sudah tajam, setajam silet. Haiyaa apa sih krik krik. Dia seneng banget ngeliatin orang sampai jarang berkedip hihihi.
3. Matanya sudah bisa mengikuti pergerakan benda atau orang. Misal saya gerakkin mainan gantungnya ke kanan, matanya ngikut gerak ke kanan.
4. Tidur malamnya udah mulai lama. Bundanya kudu bangunin dia buat nenen biar ASI-nya gak tumpe tumpe karena tiba-tiba LDR😄
5. Seneng banget digendong (ya iyalah) alias mulai bau tangan. Kalo lg tidur habis digendong terus ditaro di bouncer ato kasur tiba-tiba beberapa menit kemudian matanya ON lagi alias bangun
6. Per pagi tadi pas nimbang beratnya udah sekitar 4.6 kg.
7. Pupnya gak setiap hari lagi seperti di bulan pertama. Kadang 3 hari atau 5 hari baru pup. Tapi ya itu jadinya sering banget kentut haha. Suara kentutnya pun kencang. Gara-gara ini, Bunda nya pernah dikira sebagai pelaku kentutnya xp
8. Rambutnya udah mulai melebat lagi habis dibotakkin pas akikah
9. Suka senyum-senyuuum, nyengir, ketawa pas diajak ngobrol. Bayi ini sumeh banget deh pokoknya
10. Oiyaa Sofia kena dermatitis atopik alias ruam susu. Muncul bintik-bintik merah seperti biang keringat di dahi dan kedua pipi. Lama-lama muncul juga di daerah lipatan leher. Pas periksa ke dokter anak, penyebabnya kemungkinan karena Sofia alergi terhadap makanan tertentu. Emaknya pun diminta untuk diet makanan-makanan yang mengandung kacang tanah, susu sapi, telur, coklat, menghindari seafood, ayam broiler. Sedikit susah ya karena kadang kita lupa, misal saya pernah ngemilin kerupuk sampe 2 bungkus. Eh besoknya Sofia merah-merah lagi. Saya lupa kalo kerupuk yang saya cemilin itu kerupuk ikan. Sekarang sih saya lagi tahap observasi 4 days rule, makan satu bahan lalu tunggu reaksinya 4 hari. Supaya tahu makanan apa tepatnya yang jadi pencetus alergi. Berharapnya sih jangan coklat atau ayam ya. Secara dua makanan itu yang paling umum dimakan dan menggugah selera haha.
11. Udah bisa melek lumayan lama, bertahan 30 menit sampe sejam. Lebih dari itu udah rewel karena ngantuk.
12. Udah divaksin hepatitis B yang ke-2, polio oral, dan BCG. Nyoba vaksin di Rumah Vaksinasi Sawangan, Depok. Alhamdulillah jatuhnya lebih murah daripada vaksin di RS. Alhamdulillah juga bukan vaksin palsu.

Semoga Sofia sehat-sehat selalu dan tumbuh kembangnya optimal ya nak.

Pilihan-Pilihan Hidup

Saya teringat akan beberapa buku yang pernah saya baca ketika saya kanak-kanak. Buku-buku dongeng yang tak biasa, kalo bisa disebut demikian. Karena buku-buku tersebut tidak hanya memuat satu ending saja. Tapi ia menyajikan beberapa pilihan ending. Di halaman-halaman tertentu, kita dihadapkan pada pilihan, ingin melanjutkan ceritanya ke halaman berapa. Pilihan halaman yang kita pilih akan membawa kita pada ending cerita yang berbeda-beda.

image

Mirip dengan hidup yang kita jalani di dunia. Setiap harinya kita dihadapkan pada pilihan-pilihan bahkan dari hal yang sederhana sekalipun seperti pagi ini mau sarapan apa? Roti dengan susu coklat yang mudah disajikan atau nasi dengan telur ceplok dan sayur sop yang butuh sedikit usaha untuk menyiapkannya.

Tak jarang kita merasa salah dalam membuat pilihan. Kita merasa tidak puas dan menyesal dengan pilihan kita. Ingin rasanya mengulang dan mendapatkan ending cerita yang lebih baik dari pilihan kita sebelumnya. Sayangnya, tidak bisa demikian. Hidup tidak sesederhana buku dongeng di mana kita bisa membalik halaman dan memilih jalan cerita yang berbeda bila kita merasa tidak puas dengan pilihan yang sudah dibuat.

Jadi bagaimana jika kita merasa salah dalam mengambil pilihan hidup? Terimalah. Cobalah untuk ikhlas terlebih dahulu. Ingatlah kembali bahwa setiap pilihan pasti ada konsekuensinya. Jika pahit, wajar sekali untuk menyesal atau bahkan mungkin hingga air mata kesedihan tertumpah. Tapi jangan lama-lama merasa terpuruk. Rasa terpuruk hanya untuk menyadarkan saja, untuk menamparmu keras bahwa bisa jadi memang ada yang salah ketika pilihan dijatuhkan. Ikhlaslah. Ikhlaslah. Lalu sadarilah, life must goes on.

Jika sudah siap melangkah kembali, sediakan sedikit waktu untuk berintrospeksi, bagian mana yang salah, yang kurang, yang perlu diperbaiki. Atur strategi untuk bangkit. Bisa jadi di awal, kamu membutuhkan sedikit bantuan orang lain untuk memapahmu. Tak apa. Utarakan pada orang terdekat yang sekiranya bisa memberi pertolongan. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa kepada-Nya, semoga diberikan kekuatan dalam melangkah, mengambil pelajaran dari kekhilafan, dan kembali berdiri tegak.

Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. (QS.65:7)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (QS.2:286)

Aku (rasulullah) mengagumi seorang mukmin yang bila memperoleh kebaikan, dia memuji Allah dan bersyukur. Bila ditimpa musibah, dia memuji Allah dan bersabar. (HR Ahmad)

Semoga kita diberikan keberkahan dalam setiap pilihan hidup. Jika pilihan hidup tersebut membawa kepada kebaikan, bersyukurlah. Jika dirasa justru menyesakkan, tetaplah bersyukur, ikhlas, dan sabar. Mungkin Allah hendak memberikan pelajaran kepada kita. Ingatlah bahwa di endingnya yang kita cari adalah keridhoan Allah terhadap apa yang kita perbuat.

#notetomyself

Hidangan Favorit Lebaran: Manisan Kolang Kaling

Lebaran adalah momen yang sangat dinanti-nanti oleh setiap umat muslim setiap tahunnya. Selain karena merupakan momen di mana umat muslim kembali fitrah dan meraih kemenangan, juga karena momen di mana satu keluarga besar yang sudah terpencar ke mana-mana akan berkumpul bersama. Membawa beragam cerita pengalaman hidupnya sambil menyantap berbagai macam hidangan khas lebaran yang tentu saja sangat menggugah selera!

Selain sambal goreng daging, sop buntut juga opor ayam yang bikin opordosis saat lebaran, hidangan favorit saya yang lainnya adalah manisan kolang kaling. Sukaaa banget sama hidangan yang satu itu, walaupun bukan termasuk hidangan utama.

Pertama kali saya “kenal” yang namanya manisan kolang kaling atau manisan buah atep itu di keluarga suami. Manisan kolang kaling yang disajikan biasanya berwarna warni antara merah dan hijau. Kolang kaling dimasak dengan air gula dan sirup cocopandan atau melon. Plus ditambah pewarna makanan kalau mau lebih terang warnanya. Jika ingin lebih wangi bisa ditambah daun pandan dan daun jeruk.

Kalau mau resepnya bisa googling aja. Banyak bertebaran pastinya. Versinya pun beda-beda. Ada yang dimasak dulu dengan air kapur sirih atau air rendaman beras, ada juga yang cara memasaknya simple saja.

image

Manisan kolang kaling ala saya. Dimasak dengan sirup melon

Kalo saya lebih memilih yang simple, kira-kira begini langkahnya untuk membuat kolang kaling sekitar 250 gram:
1. Rebus kolang kaling dengan air sampai kolang kaling empuk. Ngetesnya bisa dengan menusukkan garpu ke kolang kaling. Kalo bisa ditusuk dengan mudah berarti sudah empuk
2. Tiriskan airnya
3. Rebus lagi kolang kaling dengan air. Beri gula pasir secukupnya sambil diaduk-aduk
4. Tuang sekitar 4 sendok makan (atau sesuai selera) sirup cocopandan jika ingin kolang kaling berwarna merah atau melon jika ingin membuat yang berwarna hijau
5. Jika ingin kolang kaling berwarna lebih terang, beri 4 tetes pewarna makanan. Bebas saja mau warna apa. Saya biasanya hijau atau merah.
6. Cemplungin daun pandan dan daun jeruk. Kalau mau tambah wangi bisa diberi vanili.
7. Rebus sampai sekitar 10 menit lagi. Cicipi dan koreksi rasanya sesuai selera. Kalau kurang manis bisa ditambah lagi sirupnya.
8. Jika sudah selesai, tuang dalam toples dan diamkan hingga dingin lalu masukkan ke kulkas. Jadi deh!
9. Kolang kaling lebih nikmat dimakan ketika dingin hmmm lezat hehe

Kalau kamu, hidangan favoritnya apa ketika lebaran?😀

Mengajak Bayi Jalan-jalan

Pengen deh ajak bayi jalan-jalan keluar rumah. Tapi, kapan ya saat yang tepat? Aman gak ya? Apa yang harus disiapkan? Pertanyaan di atas pastinya pernah muncul di benak para orang tua, terutama ibu-ibu yang baru dikaruniai bayi. Walaupun rasanya sangat menyenangkan mempunyai bayi, rutinitas harian merawat si kecil kadang mendatangkan kejenuhan atau bahkan baby blues yang ditandai dengan emosi ibu tidak stabil, sering menangis, marah-marah dan emosi negatif lainnya. Kalo sudah begitu, biasanya ibu butuh refreshing supaya emosi tetap stabil dan bisa kembali semangat menjalani hari. Kadang muncul hasrat di batin untuk refreshing dengan keluar rumah dan jalan-jalan ke sebuah tempat walaupun hanya sebentar. Ya gak bu?😀

Saat yang Tepat

Pertama kali mengajak baby Sofia jalan-jalan agak jauh ketika usianya 2 minggu. Baby Sofia menemani Bunda ke acara blogger gathering bersama Pampers. Asiik bisa foto sama artis Gisela juga :D

Pertama kali mengajak baby Sofia jalan-jalan agak jauh ketika usianya 2 minggu. Baby Sofia menemani Bunda ke acara blogger gathering bersama Pampers. Asiik bisa foto sama artis Gisela juga😀

Lantas, kapan yaa saat yang tepat untuk mengajak bayi jalan-jalan ke luar rumah? Kalau kata beberapa artikel, bayi sudah bisa diajak jalan-jalan keluar rumah ke tempat yang agak jauh dari usia 2 minggu hingga 1 bulan. Kalau anak sulung saya dulu, pertama kali saya ajak pergi keluar rumah pada usia 19 hari. Saya mengajaknya pergi dengan mobil untuk menemui reseller saya yang hendak COD di parkiran Masjid UI Depok. Seingat saya, tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 2-3 jam. Sedangkan anak kedua saya, pertama kali pergi keluar rumah agak jauh saat usia 14 hari. Saya ajak untuk mengikuti acara blogger gathering dari Pampers di Double Tree Hotel by Hilton daerah Jakarta Pusat. Saya pergi hampir seharian, berangkat dari rumah pagi sekitar jam 8an dan sampai lagi di rumah sekitar jam 7an malam.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan

Mungkin ada yang mikir kalo saya nekat ya. Iya, sedikit banyak begitu. Kombinasi berani dan nekat hehe. Tapi sebelum pergi yang pasti saya sudah memikirkan segala konsekuensi yang mungkin dihadapi, masalah yang mungkin timbul, dan solusi apa yang bisa disiapkan. Intinya, ibu bisa keluar mengajak bayi jalan-jalan jika ibu merasa sudah siap plus tentu saja bayinya juga dalam kondisi sehat. Selain itu, perhatikan juga faktor cuaca ketika akan bepergian. Jika cuaca sedang tidak mendukung, semisal angin kencang, hujan deras, mendung, lebih baik tunda rencana untuk mengajak bayi jalan-jalan. Apalagi jika hendak bepergian menggunakan motor. Kesehatan si bayi tetaplah prioritas utama, kan? Faktor lokasi yang dituju juga perlu diperhatikan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan di perjalanan untuk mengaksesnya. Apakah kiranya akan melalui jalur macet? Apakah lokasi yang dituju punya spot atau tempat bagi ibu dan bayi untuk beristirahat sejenak, atau justru lokasi yang dituju sangatlah ramai atau crowded? Walau si bayi terlihat hanya tidur saja dan belum bisa mengungkapkan pendapatnya, kenyamanan selama di perjalanan juga selama di lokasi bisa mempengaruhi tubuhnya juga. Setelah yakin bahwa cuaca juga lokasi yang ditempuh oke, jangan lupa siapkan barang keperluan si kecil. Baju ganti, popok yang nyaman, jaket atau selimut topi, kaos kaki, minyak telon, tisu atau kapas basah, juga gendongan atau stroller perlu sekali disiapkan sebagai bekal selama bepergian.

Nah, kalau sudah beres semua, silakan ibu berdoa juga, semoga acara bepergian pertama kali bersama si buah hati aman, nyaman, dan bahagia. Ya, itulah sedikit cerita dan tips dari saya berdasarkan pengalaman mengajak bayi saya keluar rumah. Selamat jalan-jalan!

NB: Untuk kasus khusus, semisal bayi Anda lahir prematur, silakan konsultasikan dulu dengan dokter anak ya. Tetap semangat, bu!😀

Agar Liburan di Rumah Tetap Menyenangkan!

“Libur telah tiba, libur telah tiba, hore hore horeee!” sepertinya lagu yang tepat untuk disenandungkan saat ini. Liburan adalah saat yang menyenangkan dan sangat dinanti semua orang.

Banyak yang sudah mengisi libur lebaran dengan mudik ke kampung halamannya. Ada juga mungkin yang bepergian ke luar negeri kemudian lebaran di sana. Tapi pastinya ada juga beberapa yang mengisi liburan di rumah saja, tidak mudik karena tidak punya kampung halaman, atau karena malas menghadapi arus mudik yang luar biasa atau seperti saya yang tidak bisa terlalu lama menghabiskan waktu di luar rumah karena baru saja mempunyai bayi. Tahun ini, saya dan keluarga hanya ke Kemayoran saja (tempat tinggal ortu dari suami), ke rumah adik dan ibu saya di Sawangan, dan mungkin sesekali pergi ke mall. Selebihnya? Di rumah saja.

Buat saya dan suami sebenarnya tidak terlalu masalah jika liburan di rumah saja. Kami berdua bisa menghabiskan waktu di malam hari dengan menonton serial film favorit seperti Once Upon a Time, memasak bersama, membersihkan rumah atau lainnya. Tapi karena kami juga memiliki anak usia 4 tahun yang lagi aktif-aktifnya, yang menjadi perhatian kami adalah bagaimana membuat dia tidak bosan menghabiskan waktu di rumah. Terlebih saat liburan ini, teman-temannya di lingkungan rumah juga pada mudik. Dia yang biasanya suka bertamu ke rumah tetangga dan main di sana berjam-jam sudah tidak bisa lagi melakukannya. Waduh, bisa-bisa tiap hari bakalan ada drama nangis-nangis dari si bocah nih, “Aku ngapain lagi? Kegiatanku apaaa?” First world problem buat Hani lah ini haha.

Saya pun mencoba memutar otak, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama Hani supaya liburannya di rumah tetap menyenangkan. Beberapa hal di antaranya adalah:

– Quick play. Mengajak Hani bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan yang tidak membutuhkan persiapan banyak. Biasanya quick play yang saya lakukan memanfaatkan alat atau bahan ala kadarnya yang ada di rumah. Biasanya berupa kegiatan fisik atau yang melatih motorik kasar, walau ada juga yang melatih motorik halus.

image

Quick play. Bermain pattern puzzle dengan memanfaatkan stik es krim

Contoh quick play yang pernah saya lakukan bersama Hani adalah: bermain bowling dengan memakai segala jenis botol yang ada di rumah sebagai pin (botol bedak, minyak telon, sabun cair, shampoo, deodoran dll), bermain lempar bola ke gawang dari kursi plastik, bermain pattern puzzle dengan menggunakan stik es krim dll. Kegiatan quick play ini bisa bervariasi tergantung kreatifitas kita memakai alat dan bahan di rumah untuk bermain.

– Bermain dengan gadget. Saya bukan orang tua yang anti gadget. Berhubung kerjaan saya adalah seorang pedagang online, pastinya setiap hari saya selalu memegang gadget. Dan anak saya pasti gak mau ketinggalan. So, daripada melarang dan membuat anak penasaran, “Kok bunda pegang HP sama laptop tiap hari tapi aku gak boleh”, maka saya izinkan pemakaian gadget dengan batasan akses dan waktu. Apa yang Hani mainin di HP dan laptop saya, harus atas izin dan sepengetahuan saya. Hani saya ajak memilih ingin menginstall aplikasi yang mana, saya biasanya akan me-review-nya dulu. Jika bagus dan mengandung nilai edukasi, saya install-kan aplikasinya. Lalu saya ajarkan dia cara bermain dan mendampinginya. Jika sudah bisa, biasanya saya lepas dia bermain sendiri tapi saya beri batasan waktu. Biasanya 30 menit – 1 jam setiap harinya. Beberapa aplikasi yang Hani mainkan, turut membantu dia mengembangkan kemampuannya loh.

image

Salah satu mini game di Marbel Spesial Ramadan. Anak belajar tentang kegiatan yang dilakukan saat Ramadan, seperti pembagian zakat. Anak belajar siapa saja yang berhak menerima zakat.

Contohnya aplikasi Marbel Belajar Menulis. Bisa dibilang aplikasi ini yang cukup membantu Hani dalam belajar menulis secara otodidak. Aplikasi-aplikasi lainnya yang pernah Hani mainkan dan menurut saya cukup bagus antara lain: Marbel Belajar Huruf, Marbel Spesial Ramadan, Ayo Berpuasa. Kalau di laptop, saat ini Hani lagi senang bermain puzzle dengan aplikasi Microsoft Jigsaw.

– Bermain dengan mainan edukasi yang sudah jadi (alias dibeli). Gak perlu repot menyiapkannya. Hanya saja harus rela keluar uang untuk membelinya.

image

Variform pattern puzzle. Anak bermain membuat pattern sesuai gambar yang ada di kartu. Game ini bisa juga dimainkan orang dewasa loh.

– Pretend play. Bermain peran. Bermain pura-pura atau bermain dengan imajinasi. Hani cukup sering melakukannya. Skenario yang sering dimainkan antara lain adalah berpura-pura melakukan kegiatan jual beli, masak memasak, memperbaiki kendaraan, main rumah-rumahan, berpura-pura naik motor lalu kehujanan dan berteduh.

– Menonton. Ya ya yaa, saya juga bukan orang tua yang anti terhadap tontonan anak. Saya mengizinkan Hani menonton TV atau video Youtube, tapi hanya tayangan tertentu yang sudah lolos sensor saya wehehe. Biasanya yang Hani tonton itu kartun-kartun yang ada di MnC dan Global setiap pagi, Upin Ipin, Paw Patrol, Super Wings. Tapi gak semua kartun saya izinkan untuk ditonton oleh Hani. Kartun seperti Sp*ngebob, M*nk, Tom and Je**y tidak saya izinkan. Tidak semua kartun itu cocok untuk ditonton anak loh. Kita sebagai orang tua yang mesti rajin me-review-nya. Dan ketika jeda iklan, saya kerap mematikan suara TV karena ada saja konten iklan yang tidak sesuai untuk dilihat atau didengarkan olehnya. Untuk tontonan di YouTube biasanya Hani memilih kartun Peppa Pig, Diva dari Kastari Animation, lagu-lagu anak, eggs surprises, dan play doh. Menonton pun saya beri batasan waktu. Paling lama sejam.

image

Beberapa kartun kesukaan Hani

– Menggambar / mewarnai / menulis. Saya menyediakan buku aktivitas mewarnai yang cukup banyak untuk Hani. Kalau sudah bosan dengan mewarnai, kadang dia meminta bolpen dan kertas kosong pada saya untuk menulis. Nulis apa? Random sesuka dia. Kadang nulis huruf-huruf secara acak, kadang dia minta didikte untuk nulis nama teman-temannya. Alhamdulillah kalau untuk nama sendiri, Hani sudah bisa menulisnya tanpa didikte. Oya tentang menulis ini, saya dan suami gak pernah memaksa dia, juga gak pernah benar-benar intens mengajarkannya. Bisa dibilang, Hani belajar menulis secara otodidak, dari aplikasi Marbel yang dia mainkan di HP bunda dan dari kartu menulis yang dibeli atas permintaan Hani di Gramedia.

– Olahraga. Kalau Hani suka sekali berolahraga dengan bermain sepeda atau berlari-lari kecil di depan rumah.

– Membuat karya seni atau craft. Yang satu ini agak ribet dikit karena perlu menyiapkan alat dan bahan. Untuk ide kegiatan bisa dicari di internet. Saya rasa banyak sekali ide yang bisa ditemukan dan diaplikasikan. Karya seni terakhir yang Hani buat bersama ayah dan bunda adalah kalung manik-manik. Saya membeli manik-manik cantik beragam bentuk di Paper Clip, semacam toko ATK modern yang isinya surgaaa banget untuk mereka yang doyan bikin-bikin dan bereksperimen.

image

Hani sedang meronce kalung dan gelang.

– Mengerjakan kegiatan rumah. Kalau sudah bingung mau mengajak anak berkegiatan apalagi, coba ajak aja anak untuk membantu kerjaan rumah tangga. Sesuaikan dengan usianya ya. Kalau Hani sering saya ajak mencuci piring. Biasanya dia bagian membilas sabun dari piring atau gelas yang dicuci. Dia sangat senang dan antusias. Hani juga suka diajak masak bersama, dia terkadang membantu saya memotong bahan masakan, tentu sambil saya pegangin dan arahkan tangannya, bantu mengaduk adonan atau memasukkan bahan masakan ke panci, kadang juga membantu mencuci beras. Selain kerjaan di dapur, Hani pun senang diajak mencabuti rumput-rumput liar di taman atau menyiram tanaman. Lumayan lah ya dapat jasa tukang taman gratis hehe xp

image

Mencabuti rumput liar di taman. Gak ada tukang taman, anak pun jadi xp

– Menjaga adik dan bermain bersama adik. Kegiatan menjaga adik juga bermain bersama adalah salah satu upaya agar Hani tidak iri dan merasa dilibatkan dalam kehadiran adik. Kadang kalau saya lagi butuh ke dapur sebentar atau mau ke kamar mandi dan si adik sedang terjaga, saya akan meminta Hani untuk berada di samping adik sambil mengajaknya ngobrol. Hani yang memang ceriwis sangat senang melakukannya. Adik juga senang sekali memperhatikan kakaknya ketika sedang diajak ngobrol. Kadang Hani juga saya libatkan untuk mengurus keperluan adik, seperti mengambilkan popoknya, menyediakan kapas bulat basah untuk membasuh pipis atau pup adik, dll. Kegiatan seputar adik ini cukup membuat dia senang dan tidak bosan.

image

Menggambar di samping adik, supaya adik bisa ikut melihat apa yang dilakukan kakak.

– Membaca (alias dibacakan) buku. Setiap hari, pasti ada minimal satu buku yang dibacakan untuk Hani. Paling sering, buku menjadi pengantar sebelum tidur. Untuk buku, insya Allah saya tidak ragu mengeluarkan uang demi memilikinya. Saya dengan senang hati memilihkan buku-buku dengan konten positif lalu membacakannya untuk Hani. Alhamdulillah sepertinya kebiasaan membacakan buku ke Hani ini berdampak positif. Hani memiliki kosakata cukup banyak. Hani bisa lantang berbicara, jelas artikulasinya, dan cukup pandai merangkai kata plus mengarang cerita haha..

image

Buku-buku yang saya borong ketika pameran buku import Big Bad Wolf 2016. Buku yang saya belikan untuk Hani, saat ini sudah habis dibaca semua!

Banyak juga ya kegiatannya. Dan semuanya kebanyakan bermain haha. Dengan banyaknya kegiatan itu, Hani kadang masih merasa kurang dan teruuuus minta kegiatan. “Aku ngapain lagi? Kegiatanku apaaa?” Aaargh. Pusing gak tuh.. Haha. Anak pertama saya itu memang aktivis!😄

Ada yang punya ide kegiatan lain untuk dilakukan di rumah bersama anak selama liburan? Yuk dibagikan, siapa tau bisa dicontek nih untuk dilakukan bersama Hani hehe..

ABC – Jadikan Bunda Lebih Cerdas!

Kumpulan Emak2 Blogger di acara Andalan Bunda Cerdas Depok, 25 Juni 2016

Kumpulan Emak2 Blogger di acara Andalan Bunda Cerdas Depok, 25 Juni 2016

Alhamdulillah Sabtu kemarin, 25 Juni 2016, saya kembali berkesempatan untuk hadir di sebuah acara seru yang dibesut Alfamart, P&G, dan Tabloid Nyata sebagai media partnernya. Thx to Kumpulan Emak2 Blogger untuk undangannya ya! Gak nyangka loh kalo saya bakalan diundang lagi untuk ikut event-eventnya yang menarik hehe..

Acara bertajuk ABC alias sirup ABC (doh garing) Andalan Bunda Cerdas yang diselenggarakan di Gedung Dakwah MUI Depok ini dimulai sekitar pukul 14.00. Antusiasme para peserta sangat tinggi. Kursi yang disediakan hampir tidak mencukupi. Saya melihat ada beberapa peserta yang berdiri. Jumlah pesertanya sendiri sepertinya mencapai ratusan, dilihat dari nomor doorprize yang angkanya menyentuh 100 ke atas. Yang datang tidak hanya dari Depok saja, tapi ada juga yang dari Bogor juga Jakarta. Yang hadir pun dari beragam usia dan latar belakang. Dari yang masih piyik kayak bayi saya si Sofia yang baru 5 minggu , anak-anak balita (ya iyalah pasti diajak orang tuanya zzz), remaja, emak-emak muda fans sejati mba Artika Sari Devi yang menjadi bintang tamunya, hingga emak-emak senior atau lebih tepatnya sudah nenek-nenek. Eh, gak hanya wanita loh yang jadi peserta, ada juga para pria kece seperti suami saya yang berdinas nganterin istrinya. Nah, para pria seperti ini layak diberikan predikat Andalan Bunda Cerdas beneran nih karena sudah banyak membantu para bunda mengerjakan berbagai hal wkwkwk.

Andalan Bunda Cerdas, program kerjasama antara Alfamart dan P&G. Andalan Bunda Cerdas akan Jadikan Bunda Lebih Cerdas!

Andalan Bunda Cerdas, program kerjasama antara Alfamart dan P&G. Andalan Bunda Cerdas akan Jadikan Bunda Lebih Cerdas!

Ngomong-ngomong, ABC alias Andalan Bunda Cerdas itu sendiri apa sih? Kok, dari awal post udah sering saya sebut-sebut. Kok banyak banget wanita yang tertarik sama acara Andalan Bunda Cerdas kemarin? Nah, buat yang belum tahu, Andalan Bunda Cerdas (ABC) sendiri memang sebuah program baru, kerjasama antara Alfamart dan P&G (produk andalannya antara lain Downy, Pampers, Pantene, Rejoice, Vicks, dll) yang khusus diciptakan untuk para bunda dengan tujuan “Jadikan Bunda Lebih Cerdas”. Karena itu, acara Andalan Bunda Cerdas kemarin membahas tentang buaaanyak sekali hal, terutama tentang kiat dan tips untuk menjadikan para bunda yang sudah cerdas menjadi lebih cerdas. Dalam hal apa? Dalam menjalani peran-perannya sebagai bunda, sebagai istri, juga tak lupa sebagai dirinya sendiri, seorang wanita yang butuh pula merawat kecantikannya luar dalam. Narasumbernya pun oke-oke loh, pertama adalah mba Artika Sari Devi (Puteri Indonesia 2004) dan yang kedua adalah dr. Nannya Djaja, Sp.GK, MS seorang dokter spesialis gizi.

Narasumber Andalan Bunda Cerdas: Artika Sari Devi (tengah) dan dr. Nanny Djaja (kanan)

Narasumber Andalan Bunda Cerdas: Artika Sari Devi (tengah) dan dr. Nanny Djaja (kanan)

Di acara kemarin yang menjadi bahasan adalah kiat tetap cantik dan sehat selama berpuasa. dr Nanny memberikan banyak kiat kesehatan yang menarik. Menjaga asupan makanan dan cairan selama berpuasa adalah salah satu kiatnya. Bunda, usahakan untuk menyediakan makanan yang mengandung kadar air cukup banyak, hindari gorengan karena gorengan membuat tubuh bekerja ekstra dalam memprosesnya. Untuk pilihan karbohidratnya, cobalah beras merah karena bisa membuat “rasa kenyang” bertahan lebih lama dibandingkan beras putih. Kalau belum biasa, cara penyajiannya bisa dengan mencampurkan beras merah dan putih. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah lamanya waktu tidur karena regenerasi sel terjadi ketika kita tidur. Idealnya, waktu tidur sekitar 7 jam. Tapi kayaknya bagian ini susah diterapkan ya hehe, apalagi buat bunda yang punya dedek bayi seperti saya. Kebanyakkan pasti kurang tidur dan jadi “Mombie” alias Mommy Zombie wkwkwkwk. Tapi alhamdulillah, baby-ku gak sering-sering membuatku menjadi Mombie, kadang-kadang aja seperti itu xp Selain itu, ada tips lainnya yang sangat menginspirasi dari mba Artika. Untuk tetap cantik luar dalam, salah satu kiatnya adalah banyak bersyukur dan kurangi mengeluh! Bener banget nih, kalau dalam Islam, jika kita banyak bersyukur, percayalah bahwa Allah pasti akan menambah nikmat-Nya untuk kita😀

Gak nyangka euy, bisa jadi juara 1 Photo Contest Andalan Bunda Cerdas dan bisa foto sama mba Artika horeeee :D

Gak nyangka euy, bisa jadi juara 1 Photo Contest Andalan Bunda Cerdas dan bisa foto sama mba Artika horeeee😀

Setelah sesi talkshow dan tanya jawab yang seru, acara dilanjutkan dengan lomba kreasi hijab. Lombanya heboh euy, para pesertanya kreatif banget. Dan terakhir, acara pun ditutup dengan bagi-bagi hadiah dari kuis, doorprize, plus pengumuman pemenang lomba kontes foto. Oya yang cukup mengejutkan, ternyata saya jadi juara 1 lomba kontes fotonya loh. Bener-bener kaget pas nama saya disebut sama MC haha. Gak usah nanya ya gimana sih fotonya kok bisa menang, lah wong saya juga bertanya-tanya hihi.

Dapatkan voucher potongan harga untuk produk P&G seperti Pampers dll dengan mendaftarkan diri Anda via website http://alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/

Dapatkan voucher potongan harga untuk produk P&G seperti Pampers dll dengan mendaftarkan diri Anda via website http://alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/

Oyaaaaa. Buat para bunda yang tidak sempat datang ke acara Andalan Bunda Cerdas kemarin, gak usah khawatir. Kalo para bunda pengen dapetin banyak info, tips, artikel menarik seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga, dunia si kecil, juga dapetin info promo-promo menarik dari produk-produk berkualitas P&G, bunda bisa mendafarkan diri via website Alfamartku. Klik http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/ , masukkan nama dan no HP yang aktif. Tidak lama kemudian, bunda akan mendapatkan SMS berisi kode A-voucher berupa potongan harga produk P&G yang sudah dipilih. Lumayan banget loh dapet potongan harga! Bunda cerdas pasti mau manfaatin peluang promo ini supaya pengeluaran keluarga lebih hemat hehe. Kalo masih juga bingung tentang program Andalan Bunda Cerdas, bisa loh hubungi Call Center-nya di (021) 1500959 kemudian tunggu pilihan dan tekan angka 4. Call centre ini bisa dihubungi dari telepon rumah atau HP.

Sip, kan? Yuk, ikutan program Andalan Bunda Cerdas (ABC) ya! ABC – Jadikan Bunda Lebih Cerdas!🙂

Momen Pertama Buah Hati bersama Pampers

Halo semua, apa kabar? Tak terasa, sudah sekitar 3 bulan blog ini saya tinggalkan, tak disentuh, tak dilirik, ihiks #tiupinjaringlabalabadisanasini Ya, karena ada hal-hal yang cukup menyita waktu dan perhatian saya selain blog ini. Sejak awal tahun, cukup banyak perubahan terjadi dalam hidup saya. Perubahan yang ngaduk-ngaduk emosi, pikiran, jiwa, raga. Bikin hidup seperti roller coaster. Tapi tenang saja, insya Allah, semuanya justru menempa diri menjadi lebih kuat. Seperti katanya Kelly Clarkson, “what doesn’t kill you, makes you stronger, right?”

Sori, saya kok jadi curcol :p Sekedar update, alhamdulillah juga sekitar 2 minggu-an yang lalu, saya melahirkan anak ke-dua saya dengan selamat. Dapat seorang putri lagi. Namanya Sofia. Semenjak kelahirannya, saya yang biasa “berkantor” di toko Sobat Ngemil dari pagi hingga sore hari, harus kembali ke rumah dan jadi “ibu rumah tangga tulen” (baca: 24 jam di rumah terus). Saya yang biasanya mengurus orderan-orderan yang masuk di toko, memantau stok produk, dan segala macam urusan toko jadi meluangkan waktu 24 jam mengurus rumah, memasak, mencuci piring, mencuci baju, menggosok, dan lain sebagainya. Jenuh? Alhamdulillah gak juga sih. Saya cukup enjoy mengerjakan semuanya.

Akhirnya, setelah 2 minggu di rumah saja, dan tepat di usia Sofia yang ke-15 hari, saya bersama Sofia dapat kesempatan untuk jalan-jalan agak jauh keluar rumah. Acara Blogger Gathering dari Pampers, Sabtu lalu, menjadi #momenpertama saya dan Sofia pergi keluar. Awalnya agak ragu apakah akan ikut atau tidak. Aman tidak ya membawa bayi 2 minggu keluar rumah. Sofia bakal nyaman gak ya. Rempong gak ya. Dan berbagai macam pertanyaan lainnya bersliweran di benak. Tapi karena tertarik sama “iming-iming” hadiah supply Pampers selama 1 bulan untuk peserta, saya pun memutuskan untuk ikut saja hehe. Kebetulan pula, popok yang Sofia pakai dari brand Pampers, yakni Pampers Premium Care untuk Newborn, jadi ya pas banget lah ya kami turut hadir ke acaranya.

Pampers Blogger Gathering

Pampers Blogger Gathering yang juga dihadiri artis Gisella Anastasia

Pampers Blogger Gathering yang juga dihadiri artis Gisella Anastasia

Acara Pampers blogger gathering, 4 Juni 2016 lalu bertempat di Double Three Hotel by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat. Tepatnya di restoran hotelnya, Sea Grain Restaurant. Alhamdulillah tempatnya sangat nyaman. Terutama buat saya yang membawa “bayi merah” dan tidak membawa stroller hehe. Banyak sofa empuk cukup lebar yang disediakan untuk duduk. Lumayan untuk menaruh Sofia kalau saya sudah capek menggendongnya. Walau pada akhirnya, dari awal acara sampai selesai, Sofia selalu saya gendong xD

Acara dimulai dengan pengenalan terhadap kampanye Pampers yang bertemakan “Firsts”, yang mengajak orang tua merayakan #momenpertama buah hati dalam keluarga. Melalui sebuah video yang menyentuh hati, Pampers mendokumentasikan momen-momen pertama yang pastinya dialami setiap orang tua ketika sang buah hati hadir di antara mereka. Momen pertama wajah sang buah hati terlihat di layar USG 4D, momen pertama ibu dan ayah bahagia menyambut kelahirannya, momen pertama sang buah hati menggenggam erat jari ibu, berkumpul bersama keluarga besar, hingga momen pertama saat bayi tertidur lelap. Di video tersebut, Pampers berkomitmen untuk siap mendampingi para ibu menghadapi momen-momen pertama sang buah hati.

“Saat menjadi seorang ibu, tidak ada yang berharga selain merasakan momen pertama sang bayi. Dari momen pertama saat mendengar detak jantung bayi sampai bayi tertidur lelap. Pampers ingin ada di setiap momen tersebut untuk mendampingi para ibu,” ujar Febrina Herlambang, Communications Manager Procter and Gamble.

Momen Pertama bersama Pampers Premium Care New Baby

Lalu, apa wujud nyata Pampers dalam mendampingi para ibu menghadapi #momenpertama nya dan membuatnya indah? Pampers mengeluarkan produk Pampers Premium Care New Baby yang dibuat khusus untuk melindungi bayi baru lahir dan mampu memberi perlindungan kulit bintang 5. Produk tersebut juga didesain khusus untuk memberi kenyamanan pada ibu baru serta pada bayi-bayi yang baru dilahirkan.

Bayi baru lahir umumnya memiliki kulit yang sensitif. Ketidaktepatan dalam memilih produk yang bersentuhan dengan kulitnya bisa membuat permasalahan yang fatal. Salah satu yang umum terjadi adalah ketidaktepatan dalam memilih dan menggunakan produk popok sekali pakai sehingga menyebabkan kulit bayi di area sekitar genital mengalami iritasi atau kemerah-merahan atau biasa kita sebut diaper rash atau dermatitis/ruam popok. Menurut dr. Margareta Komalasari, SpA, yang juga menjadi salah satu narasumber di acara gathering, permasalahan ruam popok tersebut bisa saja dihindari jika kita tepat dalam memilih produk popok yang digunakan juga tepat dalam penggunaannya.

Bagaimana memilih popok sekali pakai yang tepat untuk bayi, terutama untuk newborn yang intensitas BAK (buang air kecil) dan BAB (buang air besar)-nya cukup tinggi? Kalau kata dokter spesialis anak, dr. Margareta Komalasari, SpA, pilihlah yang berbahan lembut, berdaya serap tinggi, dan tidak mengganggu ruang gerak bayi. Saya rasa, semua brand popok pasti akan mengklaim dirinya memiliki semua keunggulan tersebut. Nah, kalau menurut saya sendiri, Pampers Premium Care New Baby ini adalah produk papan atas yang memiliki semua keunggulan tersebut. Saya pernah mencoba cukup banyak produk popok sekali pakai sejak kehadiran anak saya yang pertama. Bahkan pernah juga membeli popok “tanpa merek” dengan harga murah, tapi bahannya terlalu tebal dan membuat tidak nyaman. Dengan brand Pampers ini-lah saya cukup merasa puas. IMO, produk Pampers ini tipis, lembut, tapi tidak mudah bocor, karena daya serap tinggi, plus tidak membuat kulit anak mengalami iritasi.

Keunggulan Pampers Premium Care New Baby

Produk popok yang didesain khusus untuk bayi baru lahir ini punya lima keunggulan yang menjadikannya sebuah produk yang memberi perlindungan kulit bintang 5.

Sisi pinggang pampers 2x lebih lentur jd oke banget untuk newborn apalagi yg aktif

Sisi pinggang pampers 2x lebih lentur jd oke banget untuk newborn apalagi yg aktif

Pertama adalah daya serapnya yang tinggi. Karena produk ini memiliki super gel sehingga bisa tetap kering sampai 12 jam. Kedua, desainnya memungkinkan adanya sirkulasi udara yang baik sehingga kulit tetap kering. Ketiga, memiliki lotion perlindungan kulit yang melindungi kulit bayi dari rasa gatal akibat popok. Keempat, bagian pinggangnya 2x lebih lentur sehingga super pas dan nyaman ketika dipakaikan di anak. Dan terakhir, yang bisa jadi tidak dimiliki brand lain adalah adanya wetness indicator atau urine indicator yang bisa menandakan apakah popok sudah penuh dengan urine atau belum.

Wetness/Urine Indicator pada Pampers Premium Care New Baby. Kalau popok sudah penuh ditandai dengan garis biru

Wetness/Urine Indicator pada Pampers Premium Care New Baby. Kalau popok sudah penuh ditandai dengan garis biru

Di tengah-tengah acara, para peserta diajak membuktikan keunggulan yang sudah disebutkan di atas. Salah satunya melalui permainan menguji kelembutan popok. Di mana para peserta ditutup matanya dan diberikan dua popok untuk dipilih mana yang lebih lembut bahannya. Ternyata, walau mata tertutup, semua kompak memilih Pampers sebagai popok yang lebih lembut bahannya.

Tes kelembutan popok, kompak bilang popok Y lbh lembut dibanding X. Dan Y adlh Pampers

Tes kelembutan popok, kompak bilang popok Y lbh lembut dibanding X. Dan Y adlh Pampers

Di acara tersebut, juga turut hadir Gisella Anastasia, seorang artis cantik dan juga ibu dari putri lucu bernama Gempita. Gisel turut membagikan ceritanya kepada para peserta, tentang momen-momen pertamanya bersama Gempi, bagaimana ia ingin memberikan yang terbaik untuk Gempi. Pampers Premium Care New Baby dengan segala keunggulan dan kemudahannya turut menemani Gisel dan Gading suaminya dalam momen pertama mereka bersama sang buah hati.

***

Lagi ada promo Pampers Premium Care New Baby ukuran New Born sampai akhir Juni ini mom. Lumayan diskon 40% loh!

Lagi ada promo Pampers Premium Care New Baby ukuran New Born sampai akhir Juni ini mom. Lumayan diskon 40% loh!

Produk Pampers Premium Care New Baby ini bisa didapatkan di supermarket, mini market, toko-toko bayi ataupun online shop di seluruh Indonesia loh. Dan lagi ada program diskon 40% sampai akhir Juni ini untuk produk Pampers Premium Care New Baby yang ukuran New Born. Saya sendiri biasa membelinya di Alf*midi di dekat rumah, Pampers New Born yang isi 28 hanya Rp 36.500 saja dari harga normalnya Rp 60.000. WOW banget kan diskonnya. Ayo bu ibu, jangan sampai kehabisan terus menyesal loh hihi. Untuk daftar toko-toko yang turut memberikan promo diskon bisa dilihat di website Pampers, klik: http://www.pampers.co.id/bayi-yang-baru-lahir/perawatan-bayi-baru-lahir/artikel/daftar-toko-promo-diskon

Liburan ke Taman Safari Indonesia

Percaya gak percaya, sampai usia segini (hampir kepala 3), saya belum pernah menjejakkan kaki ke Taman Safari Indonesia. Suami sampai mengasihani saya, “selama ini Bunda mainnya ke mana aja, ke mall ya?”, ledek dia. Karena itulah, saya sangat antusias dan sangat sangat ingin pergi jalan-jalan ke Taman Safari (melebihi keinginan anak balita saya haha). Alhamdulillah, impiannya kesampaian juga tanggal 3 Februari yang lalu. Awalnya, agak khawatir ketika merencanakan jalan-jalan di awal Februari karena alasan cuaca. Tapi, tetap dijadikan juga karena sekalian dijadikan sebagai momen merayakan wedding anniversary yang ke-5 dan early birthday gift untuk si bocil yang akan berusia 4 tahun di bulan yang sama.

HARI PERTAMA, RABU, 3 FEBRUARI 2016

Paginya saya dan suami masih sempat mengantar bocil bersekolah. Maklum, jadwal liburan yang kami ambil bukan pas weekend, tapi pas weekday karena menghindari keramaian yang pasti akan timbul di weekend. Kenapa gak izin dari sekolah aja sesekali? Nah itu, bocil saya ini sangat suka bersekolah. Rajin luar biasa deh. Dari awal masuk sekolah, gak pernah dia gak masuk, walaupun lagi sakit juga tetep minta masuk sekolah! She loves school soooo much. Mirip bapak’e yang rajin banget kerjanya. Istrinya nyuruh cuti sesekali biar bisa liburan tapi gak pernah dikabulkan permintaannya (hahaha, you wish).

Restoran Cimory Riverside View

Untungnya sekolah bocil mulai dari jam 07.30 pagi dan selesai jam 09.30. Sepulang dari sekolah, kami langsung cuss melewati tol Cijago. Wih, pak suami ngebut banget deh nyetirnya, kalo gak salah belum sampe dua jam kita dah sampe di kawasan Puncak. Nah, karena sudah lapar, kami memutuskan berhenti dulu di restoran Cimory Riverside, jalan raya Puncak, sebelum check-in di hotel. Kalo dari arah Cijago, Cimory Riverside ini berada di pinggir kanan jalan. Sekedar tambahan info, resto Cimory ini ada dua, satu lagi resto Cimory Mountain View, yang masih maju lagi beberapa ratus meter dari Riverside View dan berada di pinggir kiri jalan kalo dari arah Cijago.

Tempat parkirnya cukup luas dan begitu saya masuk ke dalamnya, wooow, tidak menyangka ternyata areanya pun lebih luas dari perkiraan saya. Disambut oleh patung sapi di depan, saya langsung mengajak bocil untuk foto bersama terlebih dulu. Narsis gak boleh lupa dong ya😀

Foto di Cimory Riverside

Foto di Cimory Riverside

Saya dan suami memilih tempat duduk yang berada di pinggiran, supaya bisa melihat aliran sungai Ciliwung. Udaranya juga cukup segar karena masih ada pepohonan di sekitar sungai. Enak banget deh, bikin relax. Benar-benar sesuai sama namanya “Riverside View”.

Kami lalu memesan beberapa makanan. Untuk menu makanan yang disajikan bermacam-macam, mulai dari masakan Indonesia hingga masakan barat. Untuk minuman yang disajikan juga bermacam-macam, yang pasti banyak pilihan minuman dengan variasi susu dan yogurt. Harganya? Menurut saya normal untuk restoran sekelas Cimory. Harga makanan dimulai dari Rp 25.000. Dan harga minuman dimulai dari Rp 8.000

Selesai makan, kami mencari tempat salat terlebih dahulu di area restoran. Tidak menyangka, kami justru menemukan banyak spot menarik di resto tersebut. Di pojok sebelah kanan resto ada Chocomory, toko yang menjual beragam produk coklat olahan juga produk-produk Cimory sendiri seperti susu dan yogurt. Selain itu ada juga beberapa souvenir berupa boneka-boneka sapi yang dijual. Turun satu lantai dan belok sedikit ke kanan, ada outdoor playground untuk anak-anak. Dihiasi dengan payung warna-warni yang digantung di atasnya, outdoor playground ini menjadi bertambah manis. Gratis-gratis saja main di sana. Wah, si bocil senang sekali! Di lantai yang sama, tapi di area yang berada di dekat Sungai Ciliwung, ada sebuah tempat permainan indoor seperti Timezone di mall-mall. Saya membeli beberapa koin untuk si bocil yang masih saja senang bermain mesin yang hanya bisa goyang-goyang “semacam odong-odong”. Lalu, sisa koinnya dihabiskan dengan sia-sia oleh saya dan suami yang bermain claw machine dan berharap bisa mendapatkan es krim gratisan dari mesin itu haha.  Selain ke area permainan tersebut, tak lupa juga, kami menyempatkan diri untuk berfoto bertiga dengan latar belakang sungai Ciliwung xD

dicimorypinggir

Masih di Cimory Riverside

Royal Safari Garden Resort & Convention

Kami sekeluarga memilih menginap di Royal Safari Garden (RSG) Resort & Convention. Kenapa di sana? Karena beberapa pertimbangan seperti lokasi yang cukup dekat dengan tujuan utama kami yakni Taman Safari, adanya potongan harga tiket masuk ke Taman Safari jika menginap di RSG (iya, pengelola RSG itu sepertinya masih satu group sama Taman Safari), dan juga karena adanya potongan untuk menginap di RSG dari Groupon hingga 55% ketika itu (ngincer diskonan dong tetep!).

Hanya bermodalkan googling sekejap di internet, akhirnya kami sekeluarga memutuskan mengambil Superior Room di RSG dan menginap selama 2 hari 1 malam. Biayanya sekitar Rp 566.000 sudah dipotong sama diskon. Harga normal yang tertera di Groupon untuk menginap di Superior Room selama semalam adalah Rp 1.131.350. Lumayan juga ya walau semalam. Tapi saya pikir, “it’s ok” lah, mungkin kamar dan fasilitasnya bagus secara RSG itu bintang 4 kalo ngeliat dari logo hotelnya.

Tapi, pas udah sampe ke kamarnya, jeng jeng jeng jeng, aseeli saya super kaget karena kamarnya tidak se-okaaai yang saya bayangkan sebelumnya. Yang paling bikin nganga adalah karena tidak ada fasilitas AC di dalam kamar. Dan, bantal yang kami dapatkan ternyata hanya 2 bantal kepala untuk tidur. Gak ada guling, huhuhu! Langsung terbersit sedikit rasa menyesal ketika itu. Saya bertanya-tanya dalam hati, apa salah memilih kamar ya. Mungkin memang hanya Superior Room yang gak ada AC-nya. Tp kok bandrol harganya mihil bingit untuk semalam haha.

Ya sudahlah, akhirnya berusaha untuk ikhlas, apalagi nginepnya juga cuman semalam. Dan, alhamdulillah sodara-sodara, ternyata ketika malam datang, kami sekeluarga bisa bertahan tanpa AC daaaan.. sepertinya AC bukan sesuatu yang vital atau sangat dibutuhkan, karena udara ketika malam di sana sangat sangat dingin. Seriously, saya kedinginan, dan di pagi harinya juga masih saja udaranya dingin.

Penyesalan juga cukup terkikis dengan adanya potongan harga tiket masuk Taman Safari dari RSG. Tiket masuk Taman Safari yang kami dapatkan jadi Rp 100.000/orang dari normalnya Rp 150.000/orang dewasa dan Rp 140.000/anak. Lumayan berhemat Rp 140.000 (untuk 2 dewasa dan 1 anak). Oh ya selain itu, hal lainnya yang mengasyikkan dari RSG adalah fasilitas yang ditawarkan. Fasilitasnya memang oke punya!

Water Splash, ada kolam air hangatnya juga loh untuk anak-anak

Water Splash, ada kolam air hangatnya juga loh untuk anak-anak

Salah satunya, RSG punya kolam renang bernama “Water Splash” yang bagus dan free entry loh untuk para tamu RSG. Kami sempat menjajal kolamnya. Di area kolam renang tersebut ada beberapa kolam yang dipisah berdasarkan kedalaman kolamnya. Ada juga mainan-mainan seru di area kolam, seperti perosotan, tembakan air, dll. Ada juga kolam air hangat untuk anak-anak. Waw, bocil senang sekali berendam di kolam air hangat haha. Selain Water Splash, ada beberapa fasilitas gratis lainnya untuk para tamu RSG, yakni Taman Burung, Agrifood (nursery bagi tanaman organik), juga Reptile Island. Fasilitas lainnya seperti mini golf, animal ride, animal show, kids outbond, kapal kayuh itu berbayar. Sayangnya karena sampai di RSG siang hari menjelang sore, kami hanya sempat mencoba Water Splash saja yang memang tutup sampai jam 17.00. Ketika ingin mencoba Taman Burung sudah tidak bisa, karena sudah tutup terlebih dahulu pada jam 16.00.

So, saran saya, kalo memang mau cari penginapan di sekitar Taman Safari, dan cuman nginep semalam aja, terus cari harga yang paling masuk akal, juga mencari potongan tiket masuk ke Taman Safari, cukup lah menginap di Superior Room di RSG hihihi..

HARI KEDUA, KAMIS, 4 FEBRUARI 2016

Ya, inilah hari yang ditunggu-tunggu! Setelah selesai sarapan di RSG dan check out, kami segera meluncur ke Taman Safari menggunakan mobil pribadi. Awalnya sih berpikiran ingin tur keliling Taman Safari menggunakan bis yang disediakan karena bisa sekalian mendapatkan penjelasan dari pemandu wisatanya. Namun niat tersebut urung dilaksanakan karena mendapatkan info dari petugas di pintu masuk bahwa jika berkeliling menggunakan bis maka kami tidak bisa ikutan memberikan makan kepada hewan-hewan yang dilepas bebas di area Taman Safari. Kami ingin ikutan memberi makanan karena makanannya sendiri berupa bundelan wortel sudah kami beli di jalanan menuju Taman Safari. Yes, banyak pedagang pinggir jalan yang jual wortel-wortel untuk makanan hewan di Taman Safari.

Minta makan dong!!

Minta makan dong!!

Kami lantas menyusuri area Taman Safari di mana hewan-hewan dilepas begitu saja di alam. Benar-benar pengalaman yang sangat seru! Kami menjumpai banyak hewan dan juga memberi makan mereka dari dalam mobil. Pertama adalah area hewan-hewan yang memang pemakan tumbuhan atau paling tidak cukup “jinak”, seperti rusa, zebra, gajah, unta, lamaa, tapir, kuda nil, dll. Di area ini yang paling heboh meminta makanan bahkan sampai ngiler-ngiler (ilernya netes ke kaca mobil huaaa) dan sampai tendang-tendangan (iya, tendang-tendangan beneran loh! kami sekeluarga sampe ketawa-tawa geli ngeliatnya) adalah ZEBRA! Ampun deh tuh zebra, mana minta makanannya agak “maksa” kayak preman haha. Trus temennya ditendang pula xD Pawangnya aja sampai turun ke jalanan juga untuk kasih instruksi ke zebra-zebra tersebut agar tidak terlalu agresif. Kalo yang doyan ngiler itu lamaa, berapa kali kaca mobil kami diilerin sama mereka haha. Terus ada juga hewan semacam rusa yang membenturkan tanduknya ke mobil kami minta makanan. Huaaa. Langsung deh pak suami berusaha kabur. Gak banget kan kalo mobil penyok karena ditanduk hewan xD Seru dan mengesankan lah di area ini. Setelah itu, kami memasuki area hewan-hewan buas. Auuuum. Wkwkwk. Mau masuk dan keluar area ini pasti selalu ada pintu berlapis yang otomatis bisa membuka dan menutup jika ada kendaraan. Di sisi kiri kanan jalan kami melihat hewan-hewan seperti harimau sumatera, harimau bengal, singa, dan sejenisnya. Ada hewan yang tidak dikandangin, tapi pastinya ada pemisah berupa sungai atau lubang yang cukup dalam antara area mereka dengan jalanan yang dilalui mobil pengunjung. Ada juga hewan yang ditempatkan dalam kandang kaca super besar. Melewati area ini cukup cepat karena suasananya juga sedikit mencekam (lebay haha).

Setelah puas mengitari area Taman Safari dengan mobil, kami lalu berhenti dan parkir di Plaza Gajah. Dari Plaza Gajah, hanya berjalan sekitar 5 menit menuju tujuan berikutnya, yakni Baby Zoo. Masuk ke Baby Zoo gratis, hanya saja harus membayar jika ingin berfoto bersama bayi hewan di sana. Saya memilih foto bersama bayi orangutan dan membayar Rp 25.000. Si bocil agak-agak takut ketika diajak berfoto bersama. Sepertinya sih, orangutannya juga agak malas diajak foto bareng. Mungkin dia lelah dan bosan menghadapi manusia-manusia narsis seperti saya haha.

Selain mengunjungi Baby Zoo, kami juga menonton berbagai pertunjukkan binatang di sana. Sebelumnya kami sudah melist pertunjukkan apa saja yang ingin ditonton dan jam pertunjukkannya. Info tersebut bisa didapat dari peta Taman Safari yang kami dapatkan sebelumnya di RSG. Pertunjukkan pertama yang kami tonton adalah pertunjukkan singa laut. Pertunjukkan berlangsung sekitar 15-20 menit. Singa laut ini lucu sekali, mereka bisa berdansa, bermain bola, lompat sangat tinggi, bertepuk “tangan” dengan siripnya, dll. Mereka diberi hadiah ikan-ikan kecil dari pelatihnya setiap berhasil melakukan misi. Mereka juga suka mencium-cium pipi pelatihnya.

Singa Laut dan pelatihnya

Singa Laut dan pelatihnya

Selain pertunjukkan singa laut, kami juga menonton pertunjukkan harimau, various animal, gajah, dan lumba-lumba. Di pertunjukkan lumba-lumba kami terlambat. Akhirnya hanya saya dan bocil saja yang bisa menonton pertunjukkan lumba-lumba. Suami gak kebagian nonton karena area sudah penuh jadi tidak boleh masuk. Suami telat karena harus memarkir mobil dahulu. Saya dan bocil bisa menonton namun terpaksa berdiri di pinggir kolam karena tidak dapat tempat duduk. Kena cipratan air berkali-kali gara-gara lumba-lumbanya lompat tinggi pula haha. Pertunjukkan harimau juga termasuk pertunjukkan yang sangat ramai penonton. Jadi kalau ingin mendapatkan tempat duduk di pertunjukkan ini, kalian sudah harus take tempat di sana paling tidak 30 menit sebelum acara dimulai. Dan ternyata oh ternyata, pertunjukkan ini sangat ramai karena harimaunya zoo keeper-nya keren-keren body-nya. Ya penarik kaum hawa banget lah zoo keeper-nya.

Zoo keeper dengan harimaunya

Zoo keeper dengan harimaunya

Pertunjukkan lain yang gak kalah menarik adalah pertunjukkan gajah. Ini adalah pertunjukkan terakhir yang kami tonton sebelum pulang kembali ke Depok. Pertunjukkan gajah sedikit berbeda dengan lainnya, karena ada jalan ceritanya. Ada dramanya. Pertunjukkan berkisah tentang manusia versus sekumpulan gajah. Manusia membuat kerusakan pada alam sehingga gajah-gajah tidak memiliki tempat berlindung juga tempat mencari makan. Segerombolan gajah mengamuk lalu mendatangi kampung penduduk. Para penduduk kampung pun berusaha melawan dengan menakuti gajah menggunakan api, senjata tajam juga lainnya. Sedihlah. Lalu pembawa acara pun menanyakan kepada penonton, bagaimana solusinya. Apakah melukai gajah adalah solusi yang terbaik. Di akhir pertunjukkan, juga ada demo gajah melukis baju. Lalu baju tersebut dijual kepada penonton. Penonton yang membeli baju tersebut akan mendapatkan kalung bunga dari gajah. Uang pembelian baju akan dijadikan donasi untuk perawatan dan perlindungan gajah.

Gajah sedang melukis baju

Gajah sedang melukis baju

Hal-hal lain yang sangat kami sukai ketika berkunjung ke Taman Safari selain melihat pertunjukkan adalah berkeliling ke kandang-kandang binatangnya. Kami mengunjungi kolamnya Penguin Humboldt. Saya dan bocil sangaaat suka melihat mereka berenang-renang. Kalo lagi renang di permukaan air penguinnya kok agak-agak mirip bebek ya. Tapi kalo sedang menyelam baru terlihat seperti penguin hehe. Penguin-penguin ini dibedakan satu dengan lainnya melalui gelang warna-warni yang dipasangkan di sirip mereka. Oya penguin Humboldt ini ternyata jenis penguin yang bisa hidup di negara subtropis, jadi mereka tidak memiliki masalah ketika harus hidup di negara seperti Indonesia. Walaupun pastinya kondisi kolam tempat Penguin Humboldt ditempatkan juga pastinya disesuaikan ya.

penguin1 penguin2

Oya satu lagi yang gak akan saya lupakan adalah pengalaman mendaki gunung lewati lembah (halah lebay haha) ketika akan melihat air terjun Jaksa di Taman Safari. Suami sangat berambisi menunjukkan the real air terjun ke bocil. Dan saya pun (memaksakan diri)  mengikuti mereka berdua. Padahal saya lagi hamil 6 bulan, perut udah rada gede, dan badan udah mulai berasa berat. Perjuangan banget rasanya untuk pergi ke air terjun. Saya dibantu dengan sebuah payung besar yang saya jadikan semacam tongkat untuk menopang tubuh saya supaya cukup kuat berjalan menanjak. Alhamdulillah, saya berhasil melakukannya! Hore! Walau dengan nafas tersengal-sengal dan sudah sedikit berkunang-kunang. Emang bumil ngoyo ya haha.

Alhamdulillah nyampe juga!

Alhamdulillah nyampe juga!

Overall, sungguh sangat berkesan berlibur ke Taman Safari. Hadiah wedding anniversary yang sangat manis di tahun ke-lima pernikahan kami! Kapan-kapan mau lagi lah ke Taman Safari, tapi mau nyobain yang di Malang hihi.